F1 Powerboat 2023 Perputaran Uang Tembus Rp300 Miliar, Gimana Tahun Ini?

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin dan Kapolda Sumut Irjend Pol Agung Setia Effendi
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

Medan – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara berharap penyelenggaraan F1 Powerboat 2024 Danau Toba, digelar di Balige, Kabupaten Toba, mengulang kesuksesan F1H20 pada tahun 2023, lalu. Dengan putaran uang mencapai Rp300 miliar.

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

Atas hal itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan event sport tourism internasional ini, yang akan berlangsung pada tanggal 2-3 Maret 2024.

Menurut Hassanudin, F1 Powerboat membawa dampak positif bagi masyarakat Sumut khususnya Toba. Termasuk mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata di Danau Toba.

Musa Rajekshah: Bismillah, Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

“Kita harapkan acara ini sukses seperti tahun kemarin, kita juga harapkan jumlah pengunjungnya melebihi tahun lalu, perputaran uang di sini tahun lalu seperti yang kita tahu sangat besar, sekitar Rp300 miliar, untuk itu Pemprov Sumut bersama seluruh pihak memastikan lancarnya dan suksesnya acara ini,” kata Hassanudin di sela-sela meninjau venue F1H2O, di Pelabuhan Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Jumat kemarin, 23 Februari 2024.

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin dan Kapolda Sumut Irjend Pol Agung Setia Effendi

Photo :
  • VIVA/B.S Putra
Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Untuk itu, Hassanudin mengajak masyarakat Sumut ikut mendukung dan menyukseskan event internasional tersebut. Ia juga mengajak masyarakat Sumut datang untuk menonton F1 Powerboat di Balige.

“Sukses tahun lalu itu terjadi karena dukungan masyarakat juga, tanpa dukungan itu tidak mungkin sebesar itu, untuk itu saya mengajak masyarakat Sumut untuk datang langsung ke Balige menonton F1 Powerboat,” kata Hassanudin.

Selain itu UMKM sekitar venue juga berperan menyukseskan kegiatan tersebut. Dampak pada UMKM tahun lalu pun juga besar.

“Tahun lalu, UMKM juga ikut menikmati dampak acara balapan ini, mulai minggu depan semoga geliat perekonomian masyarakat di sekitar venue sudah mulai meningkat,” ujar Hassanudin.

Hassanudin juga mengharapkan dengan perhelatan akbar F1 Powerboat dapat memicu munculnya event-event internasional lain di Sumut khususnya kawasan Danau Toba. Dengan begitu kunjungan wisatawan di Sumut pastilah akan meningkat.

“Apalagi Sumut memiliki potensi sport tourism, aquabike, powerboat, balap rally telah sukses dilaksanakan, diharapkan nantinya semakin banyak event sport tourism yang bisa dikembangkan di Sumut,” kata Hassanudin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya