Kualifikasi Equestrian Masuki Tahap Akhir

Atlet equestrian Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Irvan Beka

VIVAnews - Dalam dua Kualifikasi berikutnya Federasi Equestrian Indonesia (EFI) akan menentukan siapa saja yang terpilih masuk tim. Selain menggelar Kualifikasi SEA Games sendiri, EFI juga memantau atlet Indonesia yang berkompetisi di luar negeri. 

Untuk nomor show jumping ada Putri Wulandari Hamidjojo yang bermukim dan bertanding di Jerman. Putri yang pada awalnya menekuni nomor dressage (tunggang serasi), kini lebih fokus di nomor show jumping (loncat berkuda).

"Saya mengawali berlatih di Jerman pada tahun 2001. Lalu empat tahun kemudian beralih ke show jumping," kata Putri yang pernah ikut SEA Games 1995 di Chiang Mai.

Dalam rangka Kualifikasi SEA Games, atlet berusia 31 tahun ini mengirimkan hasil-hasil pertandingan yang ia ikuti. Untuk bulan Mei saja, Putri ikut setidaknya di enam pertandingan dengan tinggi rintangan 135cm-140cm. Dalam tiap pertandingan peserta di sana terdiri dari 25 hingga 71 orang.

Dari enam pertandingan itu, dua di antaranya Putri harus terlempar dari sepuluh besar. Yang pertama di  Oberneuland kelas 140cm. Hanya menjatuhkan satu rintangan ia terlempar ke posisi 54 dari 71 peserta. Kemudian  saat bertanding di Zeven 28 Mei 2011 di kelas 140cm, Putri yang pernah menjuarai Kualifikasi World Cup di Malaysia 2006 ada di peringkat 13 dari 51 orang walau tanpa angka kesalahan.

"Saat pertandingan di Zeven, saya ada di peringkat 13. Padahal 'Fabiene' (kuda yang ditunggangi Putri) bisa melakukan clear round (tanpa angka kesalahan), tapi kalah di waktu," ujar Putri.

Pada empat pertandingan lainnya Putri, yang pernah menjuarai Kualifikasi World Cup di Malaysia 2006, meraih hasil bagus.

Di Meppen pada kelas 140cm dengan kuda 'Fabiene' , ia ada di peringkat ketujuh. Kemudian di Wildeshausen, Putri yang mengandalkan 'LaBelle'  sukses menjadi juara pada pertandingan kelas 135cm yang diikuti 31 peserta.

Masih di Wildeshausen namun di kelas 140cm, dengan kuda Fabiene 13, Putri duduk di posisi keenam dari 38 peserta. Sehari kemudian di kelas yang sama, ia memperbaiki posisi ke peringkat kedua kali ini dari 25 peserta. Semuanya tanpa angka kesalahan.

"Di sana kalau kita mennjatuhkan satu rintangan saja, pasti akan terlempar ke luar 20 besar."

Putri berharap semua hasil pertandingan yang ia sudah ikuti bisa masuk dalam klasemen sementara Kualifikasi. "Saya ingin tahu ada di mana posisi saya di klasemen. Semuah hasil pertandingan dari tahun lalu sudah saya kirim," kata Putri.

Manajer tim Equestrian Alex Benjamin menjelaskan kalau Putri akan masuk langsung dalam 5 anggota tim untuk nomor show jumping.

"Anggota tim show jumping ada lima orang. Empat dari kualifikasi di sini ditambah satu lagi Putri. Ia masuk tim karena level kompetisi di sana berbeda, peserta jauh lebih banyak dan hasilnya juga bagus," kata Alex.

EFI  dalam dua Kualifikasi ke depan, dari empat Kualifikasi yang tersisa, akan menentukan komposisi atlet di nomor show jumping. "Baru di dua kualifikasi terakhir kami akan mencoba memasangkan atlet dengan kuda yang bukan biasa dipakai. Kami akan mencari kombinasi atlet-kuda terbaik," kata Alex.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel
Secret Ingredient Viu

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Berperan sebagai Chef Arif, Nicholas Saputra sedikit banyak juga harus mempelajari soal dunia dapur sebelum memulai syuting.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024