EFI Gelar 2 Kualifikasi Equestrian Sekaligus

Albert Pelealu
Sumber :
  • VIVAnews/Irvan Beka

VIVAnews - Federasi Equestrian Indonesia (EFI) kembali menggelar Kualifikasi untuk menyaring atlet-atlet yang berhak membela Merah Putih di SEA Games XXVI. Kualifikasi akhir pekan ini akan digelar di Arthayasa Stables, Cinere, Jawa Barat.

Ada dua nomor yang dipertandingkan yakni show jumping (loncat berkuda) dan eventing (trilomba). Pertandingan akan digelar mulai 19-21 Agustus 2011.

Pelatih Equestrian Indonesia untuk nomor eventing (trilomba) Joss Gray menilai kemampuan para atlet makin menggembirakan. "Perkembangannya bagus. Saya harap tiap atlet tidak mengulangi kesalahan yang sama tiap kali tampil bersama kudanya," kata Gray.

Gray yang merupakan anggota tim olimpiade Inggris mengatakan persaingan di SEA Games nanti sangat ketat.

"Saya rasa Thailand akan turun dengan tim Asian Games mereka. Mereka dapat medali di Beijing dua tahun lalu. Tapi tak perlu khawatir, SEA Games nanti adalah pertandingan yang berbeda. Peluang Indonesia sama besarnya dengan mereka," kata Gray.

Saat ini Albert Pelealu menjadi atlet yang sedang naik daun di nomor eventing. Ia memenangi dua kualifikasi terakhir dengan kudanya 'Edo Budiluhur.'

Untuk nomor show jumping, kualifikasi akan memasuki seri VIII. Persaingan untuk merebut posisi di tim SEA Games masih ketat.

Untuk nomor jumping, EFI juga mengontrak pelatih dari luar negeri yakni Pieter Jan Berker dar Belanda.

Sekjen EFI Rafiq Radinal berharap para atlet serta kudanya akan mencapai puncak performa di November nanti.

"Kita buat kualifikasi yang berjenjang. Tinggi rintangan di kualifikasi pertama 120cm. Sekarang sudah mencapai 140cm yang merupakan tinggi rintangan yang harus dilalui di SEA Games nanti," kata Rafiq.


World Jumping Challenge
Di sela-sela kualifikasi, akan dipertandingkan juga 'World Jumping Challenge.' Kejuaraan ini adalah kalender resmi tahunan dari Federasi Equestrian Internasional (FEI).

Ada tiga kelas yang dipertandingkan yakni Kategori A dengan tinggi rintangan 120cm, Kategori B (110cm) dan Kategori C (100cm).

World Jumping Challenge (WJC) ini adalah usaha FEI untuk memajukan olahraga ini di negara-negara yang baru berkembang. Negara-negara Eropa Barat dan Amerika Utara tidak mengikuti kompetisi ini.

Negara-negara yang ikut serta dalam WJC akan melalui serangkaian rintangan yang sama walau pertandingan digelar di negara berbeda. Dari sini para atlet tak perlu bertanding ke luar negeri mengetahui sampai sejauh mana ranking mereka.

Dalam WJC dibagi dalam 9 zona. Indonesia ada di zona 9 yang juga dihuni Singapura, Malaysia, Thailand dan India. Juara tiap zona berhak lolos ke putaran final. Dalam beberapa tahun belakangan, Indonesia tampil sebagai juara zona 9 yakni lewat Reshi Radinal (2008) dan Mario Christianto (2009).

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?
Ilustrasi resesi ekonomi/ekonomi global

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) menyebut, risiko RI masuk ke jurang resesi masih jauh lebih rendah dibandingkan negara-negara lain.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024