Fakta: Bruce Lee Ternyata Pernah Jadi Petinju

Bruce Lee
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bruce Lee, menjadi legenda dalam film laga di Hollywood. Reputasinya sebagai aktor laga, tak diragukan lagi dengan berbagai koregrafi yang diciptakannya.

Ledakan Lalu Sofian buat Supriko Terkapar di Ronde Pertama

Jet Kune Do dan Wing Chun merupakan beladiri yang diketahui pernah dipelajari oleh Lee. Diduga, masih ada lagi beladiri lain yang dipelajari Lee.

Maka, tak heran dia disebut bapak dari MMA era modern. Tapi, masih jadi misteri, apakah sebenarnya Lee pernah tampil di pertarungan resmi.

Ganas, Kombinasi Kuncian Bawa Ucu Rohendi Taklukkan Cecep di One Pride

Sebuah dokumen yang berasal dari koran lokal Hong Kong membuktikan, Lee ternyata pernah tampil di ajang beladiri resmi.

Bukan MMA, tapi Lee terjun di turnamen tinju. Dalam ajang bertajuk Inter-School Individual Boxing Championship, 29 Maret 1958, Lee bertarung dengan Gary Elms, yang saat itu jadi merupakan juaranya, di gymnasium sekolah St George, Hong Kong. Dalam duel tersebut, dilansir Bloody Elbow, Lee diakui menang dalam perhitungan angka.

Jadi Ketua KONI, Daud Yordan Kembangkan Bela Diri di Kayong Utara

(Sumber: Bloody Elbow)

Tapi, ada laporan yang menyebutkan, saat bertarung dengan Elms, Lee sejatinya tak melancarkan serangan murni tinju. Beberapa teknik wing chun sempat dilepaskan Lee.

Aksi Lee membuat Elms keteteran dan sempat jatuh di kanvas beberapa kali. Dalam laporan lain pula, Elms juga seharusnya kalah TKO, bukan angka.

Hanya saja, daya tahan tubuh Elms begitu baik. Hingga, dia mampu bertahan dan bangkit beberapa kali. Situasi tersebut membuat Lee frustrasi dan merasa tak layak menang.

(Sumber: Bloody Elbow)

Ini merupakan ajang amatir, bukan profesional. Namun, cukup membuktikan bagaimana hasrat Lee untuk belajar beladiri.

Pun, situasi di Hong Kong pada era 1950-an, memang hanya memungkinkan Lee untuk belajar tinju. Ya, di era kolonial, hanya ada satu beladiri yang boleh dipelajari di Hong Kong, yakni tinju barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya