On This Day: Muhammad Ali Ngamuk di Markas Arsenal

Muhammad Ali
Sumber :
  • NBC News

VIVA –  Markas Arsenal, Highbury Stadium menjadi saksi keperkasaan Muhammad Ali pada 21 Mei 1966. Menyandang status mualaf, Ali sukses menghabisi Henry Cooper dalam perebutan sabuk juara kelas berat.

On This Day: Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon Terbang Untuk Pertama Kalinya

Dilansir dari buku Facing Ali karya Stephen Brunt (2002), duel Ali kontra Cooper disaksikan 46 ribu penonton. Ini menjadi rekor tinju yang dihelat di Inggris, sebelum dipatahkan duel Joe Calzaghe vs Mikkel Kessler yang disaksikan 55 ribu penonton pada 2007.

Duel Ali melawan Cooper merupakan ulangan partai pada 18 Juni 1963 di Wembley. Ali yang masih menyandang nama Cassius Marcellus Clay Jr, menghabisi lawannya dalam lima ronde.

On This Day: Kematian Tragis Legenda Hollywood Audrey Hepburn

Pada pertarungan di Highbury, Ali kembali mengamuk. Ali terus mendominasi dalam tiga ronde pertama sedangkan Cooper lebih banyak bertahan.

Di ronde keempat dan kelima, pertarungan berjalan lebih terbuka. Ali membiarkan Cooper memberikan perlawanan.

On This Day: Bom Batalkan Kunjungan Manchester United ke Indonesia

Namun, pada akhirnya Cooper tak bisa membendung keperkasaan Ali di ronde keenam. Pertarungan harus dihentikan karena mata Cooper mengeluarkan darah cukup banyak. Ali dinyatakan sebagai pemenang secara technical knockout (TKO).

Pertarungan Ali melawan Cooper begitu menghebohkan. Duel ini disiarkan di BBC yang ditonton 21 juta pasang mata di Britania Raya. Di Amerika Serikat, duel ini disarkan langsung ke 20 juta pemirsa lewat satelit.

Mau tahu apa saja peristiwa bersejarah di dunia olahraga? Simak On This Day setiap hari hanya di VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya