Sambo Ternyata Terkenal di Seantero Dunia

Presiden Rusia, Vladimir Putin menyaksikan olahraga sambo
Presiden Rusia, Vladimir Putin menyaksikan olahraga sambo
Sumber :
  • AP Photo/Pavel Golovkin, Pool

VIVA Sport – Sambo merupakan salah satu olahraga bela diri yang cukup terkenal di dunia. Sambo merupakan seni bela diri khas Rusia.

Sambo berasal dari kata SAMooborona Bez Oruzhiya yang berarti bela diri tanpa senjata. Pada hakikatnya, Sambo adalah tarung bebas dan dibumbui gulat.

Teknik pukulan dan tendangan sampai kuncian ada pada Sambo. Khusus soal kuncian, Sambo menyasar kaki lawan untuk dikunci dan sejurus kemudian dihabisi dalam pertarungan bawah.

Presiden Persatuan Sambo se-Asia (Union Sambo of Asia), Alamjon Mullaev

Presiden Persatuan Sambo se-Asia (Union Sambo of Asia), Alamjon Mullaev

Photo :
  • Pratama Yudha Permana/ VIVA

Sebagai informasi, sambo memiliki lima cabang berbeda, yakni Combat Sambo, Freestyle Sambo, Bela Diri Sambo, Sambo Khusus, dan tentu saja Olahraga Sambo. Kelimanya punya ciri tersendiri meski punya dasar yang sama.

Kejuaraan dunia sambo rutin digelar sejak 1973. Terakhir pada 2021, Kejuaraan Dunia Sambo digelar di Tashkent, Uzbekistan.

Presiden Rusia  Vladimir Putin pernah berjuang untuk mengenalkan Sambo kepada dunia. Sejak tahun 2013, Putin terang-terangan berujar keinginannya agar Sambo masuk dalam kategori ajang olahraga di Olimpiade.

"Mudah-mudahan suatu hari nanti Sambo akan masuk ke Olimpiade. Olahraga ini telah melintasi Rusia dan digemari banyak atlet di dunia," jelasnya seperti dilansir dari sambo.sport.

"Ini adalah jenis olahraga yang benar-benar indah dan dinamis yang mengkooptasi banyak olahraga tempur," lanjutnya.