6 Fakta Rara Isti Wulandari, Pawang Hujan MotoGP Dibayar Ratusan Juta

Rara Isti Wulandari
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Nama Rara Isti Wulandari tengah menjadi perbincangan hangat warganet di seluruh media sosial karena aksinya yang menjadi pawang hujan dalam ajang MotoGP Mandalika, pada Minggu, 20 Maret 2022 kemarin. Pada Minggu sore, arena sirkuit ini diguyur hujan deras dan balapan motor pun sempat ditunda lantaran hal tersebut. 

Penyebab Kapasitas Mesin Motor MotoGP Turun Jadi 850 cc dan Bensin Dikurangi

Ketika itu, Rara langsung turun ke area tengah balapan, sembari merapalkan beberapa ajian untuk menghentikan guyuran hujan di Mandalika. Rara Isti Wulandari tidak gentar berjalan di bawah guyuran hujan di tengah lintasan sirkuit Mandalika. Ia dibayar mahal untuk menjadi seorang ‘pengusir’ hujan di tengah-tengah gelaran ajang balap paling bergengsi di dunia itu.

Aksi dari Rara Isti Wulandari ini viral di media sosial dan seperti biasa menuai pro dan kontra di kalangan warganet. Bahkan ia juga menjadi sorotan dari para pembalap dan tim serta media asing yang menyoroti perempuan pawang hujan tersebut. Nah, berikut adalah fakta menarik tentang Rara Isti Wulandari yang disadur dari berbagai sumber. 

Terungkap, Ini Alasan Motor MotoGP Tak Pakai Starter untuk Menyalakan Mesin

1. Profil Rara Isti Wulandari

Rara Isti Wulandari

Photo :
  • Tangkapan Layar
Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Prancis 2024, Akhir Pekan Ini

Pemilik nama Rara Isti Wulandari ini adalah seorang perempuan yang lahir di Jayapura, Papua pada 22 Oktober 1983 dan saat ini ia sudah berusia 39 tahun. Walaupun lahir di Jayapura, Rara mempunyai darah Jawa yang mana ia keturunan Solo dan Yogyakarta. Rara senang bermain media sosial. Ia mempunyai akun Facebook yang diberi nama Cahaya Tarot. 

Pekerjaannya menjadi seorang pawang hujan sudah dijalankan Rara saat ini berhubungan erat dengan dunia spiritual. Tidak heran bila ia mempunyai kemampuan tersebut, sebab dirinya sudah dekat dengan hal-hal yang berbau mistis sejak masih kecil. Hal ini karena sang ayah dekat dengan keraton Solo. Ia kerap ditugaskan untuk mengatasi berbagai acara di keraton itu. 

2. Diberikan Gaji dengan Menyentuh Angka 3 Digit

Rara Isti Wulandari

Photo :
  • Tangkapan Layar

Rara pernah memberikan honor yang diterimanya selama menjadi pawang hujan di sirkuit Mandalika. Lewat akun Facebook pribadi miliknya yang bernama Cahaya Tarot, Rara membagikan tangkapan layar yang berupa pesan notifikasi transfer. 

"Alhamdulillah. Maturnuwun. Terima kasih. Rejeki Hoki All Universe Mandalika Street Circuit," tulis Rara dalam akun Facebook miliknya.

Diketahui bahwa Rara mengaku memang secara resmi dipekerjakan oleh Indonesia Tourism Development Corporation selaku perusahaan BUMN pemilik Sirkuit Mandalika yang juga menaungi MGPA selaku panitia penyelenggara gelaran tersebut. 

3. Gaya Pawang Hujan Ditiru Pembalap

Rara Isti Wulandari

Photo :
  • Tangkapan Layar

Aksi pawang hujan Rara Isti Wulandari ini juga menarik perhatian salah satu pembalap yaitu Fabio Quartararo. Ia menirukan ketika Rara Isti memutar tongkat di atas mangkuknya. Sambil menunggu hujan reda, pembalap dari Yamaha MotoGP ini menirukan gaya pawang hujan yang tengah berada di Sirkuit Mandalika lewat paddock. 

Dengan memakai sebuah mangkuk plastik dan sendok, Fabio Quartararo dengan senyumnya menirukan gaya sang pawang hujan. Bahkan, mangkuk yang dibawanya itu sempat terjatuh pada saat membuat video parodi pawang hujan di paddock Yamaha tersebut. 

4. Menjadi Sorotan Media Asing

Rara Isti Wulandari

Photo :
  • Tangkapan Layar

Rara langsung menjadi sorotan media asing saat dirinya melaksanakan ritual untuk mengendalikan hujan di tengah gelaran ajang MotoGP Mandalika pada Minggu 20 Maret 2022. Aksi yang dilakukan di depan ribuan pasang mata dan sorotan kamera para jurnalis, termasuk dari media asing. 

Di tengah derasnya air hujan, ia melaksanakan ritual, sembari memegang beberapa alat dan tidak lupa mengucapkan sejumlah ajian. Tidak disangka, aksi ini berbuah keberhasilan. Usai Rara melaksanakan ritual ini, perlahan hujan di area sirkuit mereda dan balapan pun dapat dilanjutkan kembali. 

5. Mendapatkan Julukan dan Pujian dari MotoGP

Rara Isti Wulandari

Photo :
  • Tangkapan Layar

Cuplikan video ketika sang pawang hujan berkeliling di sirkuit Mandalika viral di media sosial. Bahkan, akun Twitter resmi dari MotoGP juga ikut takjub dan mengunggah momen ini. Akun tersebut menjuluki Rara Isti Wulandari dalam cuitannya “The Master #IndonesianGP” dikutip dari unggahan Twitter @MotoGP Minggu, 20 Maret 2022. 

Karena keberhasilan yang dilakukan oleh Rara, MotoGP pun takjub dengan aksinya tersebut yang dinilai berhasil untuk menghentikan hujan. Akun Twitter @MotoGP menulis “IT WORKED” beberapa menit setelah mengunggah video yang menunjukkan aksi pawang hujan berkeliling di sirkuit sekaligus ketika hujan mulai reda. 

6. Dianggap Memalukan

Rara Isti Wulandari

Photo :
  • Tangkapan Layar

Atas aksi yang dilakukan oleh Rara dalam mengusir hujan dengan berkeliling di Sirkuit Mandalika sampai ditonton oleh para pembalap tersebut menuai pro dan kontra. Bahkan, karena kejadian tersebut, kata “memalukan” masuk ke dalam salah satu trending topik di Twitter. Salah satu warganet menulis “"Mempertontonkan kebodohan ke dunia internasional, kelakuan dukun yang bener-bener memalukan."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya