F1 GP Miami, Perhiasan dan Pakaian Dalam Pembalap Diawasi

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton
Sumber :
  • Florion Goga/Pool via AP

VIVA – Federasi Otomotif Internasional (FIA) memastikan bakal melakukan pemeriksaan detail saat digelarnya F1 GP Miami pada 6 hingg 8 Mei 2022. Kali ini terkait dengan perhiasan dan pakaian dalam para pembalap.

Lewis Hamilton's Salary in Ferrari Revealed

Direktur Balapan F1, Niels Wittich sudah mengingatkan mengenai masalah ini sejak awal musim. Ada pembaruan peraturan yang dibuat terkait hal ini.

Mereka beralasan peraturan ini dibuat untuk memastikan keselamatan para pembalap. Selama ini perhiasan dan pakaian dalam digunakan sebagai bagian dari gaya.

Gaji Fantastis Lewis Hamilton di Ferrari

Salah satu pembalap yang banyak menggunakan perhiasan adalah Lewis Hamilton. Bahkan sempat muncul spekulasi jika aturan ini dibuat untuk menyasarnya.

Wittich membantah dengan tegas spekulasi tersebut. Dia memberi penjelasan mengapa melarang adanya penggunaan perhiasan di ajang F1.

5 Pelatih Banyak Menang di Premier League, Elkan Baggott Enggak Muluk-muluk

"Benda logam seperti perhiasan yang bersentuhan dengan kulit dapat mengurangi perlindungan transmisi panas dan dengan demikian dapat meningkatkan risiko luka bakar jika terjadi kebakaran," kata Wittich, dikutip dari Crash.

Pembalap AlphaTauri, Pierre Gasly bersama penggemarnya

Photo :
  • AP Photo/Asanka Brendon Ratnayake

"Penggunaan perhiasan selama kejuaraan dapat menghambat intervensi medis serta diagnosa dan perawatan selanjutnya jika diperlukan setelah kecelakaan," imbuhnya.

Anting yang biasa digunakan para pembalap juga memiliki risiko menurut Wittich. Salah satunya ketika dilakukan pertolongan dengan membuka helm.

Bisa jadi nantinya perhiasan tersebut tersangkut. Dan jelas nantinya malah membuat cedera tambahan dari pembalap itu sendiri.

Lebih lanjut Wittich menambahkan argumentasinya terkait dengan penggunaan perhiasan. Hal ini terkait dengan sulitnya tindakan medis untuk dilakukan.

"Perhiasan di dalam atau sekitar pernapasan dapat menimbulkan risiko tambahan tertentu, jika nanti terlepas saat kecelakaan terjadi, kemudian tertelan atau terhirup," ujarnya.

Sedangkan untuk pakaian dalam, yang ditekankan oleh FIA harus sesuai standar. Di mana bahannya mesti tahan api.

Perihal pakaian dalam ini, pembalap Alpha Tauri, Pierre Gasly sempat berkelakar. Karena itu berarti akan memeriksa bagian pribadi dari tubuhnya.

"Jika mereka ingin memeriksa pantat saya, saya tidak akan menyembunyikan apapun. Penis saya, semuanya. Jika itu membuat mereka bahagia, silahkan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya