F1 GP Inggris 2022 Menguras Emosi, Carlos Sainz Jadi Juara

F1GP Inggris 2022
Sumber :
  • AP Photo/Frank Augstein

VIVA Sport – F1 GP Inggris tersaji di Sirkuit Silverstone pada Minggu malam WIB 3 Juli 2022. Yang keluar sebagai pemenang adalah pembalap Ferrari, Carlos Sainz. Sedangkan urutan kedua jadi milik Sergio Perez dari Red Bull Racing, disusul pembalap Mercedes, Lewis Hamilton.

Max Verstappen Juara F1 GP Bahrain, Ini Kunci Suksesnya

Balapan ini berlangsung dramatis. Sempat dikibarkan bendera merah (red flag) ketika para pembalap baru saja lepas dari garis start. Kecelakaan melibatkan beberapa pembalap.

Pembalap Alfa Romeo, Zhou Guanyu yang mengalami kecelakaan mengerikan. Mobilnya terguling bahkan sampai melewati pagar pembatas dengan tribun penonton.

Daniel Ricciardo Kandidat Kuat Temani Verstappen di F1 2025

Kejadian ini diawali oleh senggolan antara pembalap Mercedes, George Russel dengan Pierre Gasly dari Alpa Tauri. Russel terpelintir lalu menghantam mobil Zhou.

Kecelakaan lain melibatkan beberapa pembalap yang ada dibelakang. Mobil pembalap Williams, Alex Albon ditabrak oleh Sebastian Vettel dari Aston Martin.

Lewis Hamilton's Salary in Ferrari Revealed

Mobil Albon yang telah rusak kembali mendapat hantaman. Kali ini adari Yuki Tsonoda (Alpa Tauri) dan Esteban Ocon (Alpine). Dari mereka yang terlibat kecelakaan, ada yang tak bisa melanjutkan lomba, salah satunya Russel.

F1GP Inggris 2022

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein

Balapan Dimulai Lagi

Balapan kembali dimulai sekira satu jam setelahnya. Pembalap Ferrari, Carlos Sainz memulai dari paling depan, disusul oleh Max Verstappen dari Red Bull Racing di urutan kedua.

Persaingan di posisi empat besar sangat seru. Sebab, Charles Leclerc (Ferrari) dan Lando Norris (McLaren) turut meramaikan persaingan di barisan terdepan.

Verstappen sempat mengambil alih pimpinan lomba pada putaran ke-10.Dia menyalip Sainz yang melakukan kesalahan saat hendak memasuki tikungan.

Malang bagi Verstappen. Pembalap asal Belanda itu mengalami masalah pada mobilnya dan tak bisa mempertahankan posisi dan terus melorot.

Masalah juga dialami Leclerc yang sempat memimpin jalannya lomba. Dia terpaksa masuk ke pit stop, dan menyerahkan posisi terdepan kepada pembalap Mercedes, Lewis Hamilton yang terlihat nyaman memacu mobilnya.

Seru di 10 Putaran Tersisa

Duel semakin sengit terjadi di 10 putaran tersisa. Saat itu Sainz berhasil kembali memimpin jalannya lomba, diikuti Leclerc pada urutan kedua. Pada urutan ketiga Hamilton terus didesak pembalap Red Bull Racing, Sergio Perez dan sukses disalip.

Perez tak mau berhenti mengganggu pembalap yang ada di depannya. Pada lap ke-46, dia mengganggu Sainz dan berupaya terus menyalip. Menariknya, Hamilton bisa mendapat celah untuk merebut posisi kedua. Perez dapat urutan tiga lalu Leclerc turun ke posisi keempat.

Tidak berselang lama, setelah masuk tikungan pertama lap ke-47, Perez bisa mendapatkan posisi kedua. Dia memaksa Hamilton melebar, dan itu membuka jalan bagi Leclerc untuk naik ke urutan ketiga. Duel yang benar-benar sengit.

Hamilton tak membiarkan Leclerc tenang. Juara dunia F1 sebanyak tujuh kali itu kembali menyalip untuk merebut posisi ketiga. Dia mempertahankannya sampai finis di belakang Sainz dan Perez.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya