Kondisi Pembalap F1 Asal China Usai Kecelakaan Menakutkan

Pembalap Alfa Romeo, Zhou Guanyu di F1 GP Inggris
Sumber :
  • AP Photo/Frank Augstein

VIVA Sport – Pembalap F1 asal China, Zhou Guanyu yang membela Alfa Romeo mengalami kecelakaan menakutkan. Mobil yang dia kendarai terpelanting hingga melewati pagar pembatas Sirkuit Silverstone dalam gelaran F1 GP Inggris, Minggu malam WIB 3 Juli 2022.

5 Mobil Ini harus Ganti Nama Usai Peluncuran Resmi

Zhou terlibat kecelakaan ketika memasuki tikungan pertama di awal lomba. Dia mendapat dampak dari bersenggolannya mobil yang dikendarai oleh pembalap Alpa Tauri, Pierre Gasly dengan George Russel dari Mercedes.

Mobil Russel terpelintir lalu menghantam Zhou. Dalam laju kendaraan yang sangat cepat, efek yang ditimbulkan adalah terbaliknya mobil Zhou. Video momen tersebut banyak beredar di media sosial, karena nyaris sampai ke tribun penonton.

Usai Diakuisisi F1, Takkan Ada Lagi Wanita Cantik Berpayung di Samping Motor MotoGP?

Usai bisa keluar dari mobil yang terbalik, Zhou langsung dilarikan ke pusat medis F1 GP Inggris. Laporan dari Alfa Romeo, sang pembalap tidak mengalami cedera berat, tapi harus diobservasi lebih lanjut.

Para pecinta balap F1 akhirnya bisa bernafas lega. Karena tak berselang lama, diumumkan jika Zhou dalam keadaan sehat. "Zhou dinyatakan sehat dan sudah keluar dari pusat medis."

Pemilik F1 Akhirnya Resmi Beli MotoGP dengan Harga Segini

Selang satu jam setelah itu, pembalap berusia 23 tahun tersebut menyapa langsung para penggemar melalui media sosial. Dia mengunggah foto sembari tersenyum tipis.

Pembalap Alfa Romeo, Zhou Guanyu di F1 GP Inggris

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein

"Saya dalam kondisi baik. Semua aman. Halo menyelematkan saya hari ini. Terima kasih kepada semua orang yang menyampaikan pesan baik," tulis Zhou di Twitter pribadinya.

Halo yang dimaksud Zhou adalah teknologi pada mobil F1. Sejak 2018 teknologi ini digunakan, dengan tujuan menyelamatkan pembalap dari kecelakaan. Dan dari insiden Zhou ini, kembali terlihat teknologi Halo benar-benar efektif menghindari pembalap dari cedera fatal dalam kecelakaan.

Dalam balapan kali ini, Zhou memulai balapan dari urutan ke-10. Dia mencatatkan waktu terbaik dalam kualifikasi, yakni 1 menit 40,791 detik. Hasilnya lebih baik dari rekan se-tim, Valtteri Bottas yang memulai dari urutan 12.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya