Perjalanan Francesco Bagnaia di MotoGP 2022 Hingga Jadi Juara

Francesco Bagnaia juara MotoGP 2022
Sumber :
  • AP Photo/Alberto Saiz

VIVA Sport – Francesco Bagnaia berhasil keluar sebagai juara MotoGP 2022. Pembalap andalan Ducati itu unggul dengan 265 poin dalam melalui 20 seri yang dilangsungkan.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Tidak mudah bagi Bagnaia untuk bisa mendapatkan gelar juara dunia ajang adu kebut motor paling bergengsi di dunia. Karena pada seri pertama, MotoGP Qatar, dia gagal mencapai garis finis.

Pada kesempatan itu, Bagnaia terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan. Pembalap asal Italia mengaku ada masalah pada bagian pengereman motornya.

Klasemen MotoGP 2024: Jorge Martin Pertama, Vinales Masuk 3 Besar Usai Menang di Amerika

Francesco Bagnaia juara MotoGP 2022

Photo :
  • AP Photo/Alberto Saiz

Berlanjut ke seri kedua, yakni MotoGP Indonesia. Pada kesempatan itu, Bagnaia harus puas ada di urutan ke-15. Lintasan yang basah karena hujan deras membuatnya sulit untuk memacu kendaraan dengan maksimal.

Maverick Vinales Rajai MotoGP Amerika 2024, Acosta Podium dan Marc Marquez Crash

Perbaikan peringkat dialami oleh Bagnaia ketika menjalani MotoGP Argentina. Dia berhasil mencapai garis finis pada posisi kelima. Di seri berikutnya, yakni MotoGP Amerika, posisi yang sama dia dapatkan.

Berlanjut ke MotoGP Portugal atau seri kelima pada musim 2022. Bagnaia masih belum mampu mendapatkan podium. Pembalap berusia 25 tahun itu menempati urutan delapan.

MotoGP Valencia 2022

Photo :
  • AP Photo/Alberto Saiz

Kebangkitan Bagnaia didapatkan saat turun di MotoGP Spanyol. Dia berhasil keluar sebagai juara. Pertanda dia maksimal sudah dilihat dari kualifikasi dengan raihan pole position.

Berlaga di MotoGP Prancis, Bagnaia memberi harapan luar biasa. Dia merebut pole position pada kualifikasi. Sayangnya saat balapan, dia gagal mencapai garis finis.

Pada MotoGP Italia, negara asalnya, Bagnaia berhasil keluar sebagai pemenang. Padahal ketika itu dia memulai lomba dari urutan kelima.

Pada seri kesembilan dan ke-10, Bagnaia mendapatkan hasil buruk. Dia gagal menjejak garis finis saat turun di MotoGP Catalunya dan MotoGP Jerman.

Tapi setelah itu Bagnaia bangkit. Empat balapan beruntun berhasil dia menangkan. Diawali dari MotoGP Belanda, MotoGP Inggris, MotoGP Austria, dan MotoGP San Marino.

Pada MotoGP Aragon, Bagnaia menjalani kualifikasi dengan baik dan merebut pole position. Namun pada balapannya, dia ada di urutan kedua, di belakang Enea Bastianini.

Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia di MotoGP San Marino 2022

Photo :
  • AP Photo/Antonio Calanni

Gagal mencapai garis finis kembali dialami oleh Bagnaia saat mengaspal di Sirkuit Motegi, MotoGP Jepang. Balapan ini berlangsung dramatis karena dia jatuh di lap terakhir saat hendak memperebutkan posisi kedelapan dengan Fabio Quartararo dari Monster Yamaha.

Setelah itu Bagnaia turun di MotoGP Thailand dan mendapatkan posisi ketiga. Podium yang sama dia dapatkan saat tampil di MotoGP Australia.

Pada MotoGP Malaysia, Bagnaia memperlihatkan kegemilangan. Dia berhasil keluar sebagai pemenang. Dan di seri terakhir, MotoGP Valencia pada Minggu malam WIB 6 November 2022, dia finis pada posisi sembilan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya