70 Tenaga Medis dan Marshal Diturunkan dalam Kejurnas Motocross Jelang MXGP Samota

Kejurnas Motocross jelang MXGP Samota
Sumber :
  • VIVA/Irwan Taliwang

VIVA Sport – Sebanyak 60 tenaga medis dan 10 tenaga marshal, melakukan simulasi jelang pelaksanaan kegiatan Kejurnas Motocross, Grass Track tanggal 6-7 Mei 2023.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Kejurnas Grass Track ini merupakan kegiatan pra Kejuaraan Dunia Motocross atau MXGP Samota Sumbawa 2023.

"Ini adalah standar yang harus kita lakukan sebagai upaya mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan saat perhelatan Grasstrack Pra Motocross Grand Prix Samota 2023. Kami sebagai penyelenggara menurunkan 60 tenaga medis dan 10 marshal yang sudah berpengalaman," kata Jaya Cross, Ketua Panitia Kejurnas Grass Track Samota.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Dikatakan, semua tenaga medis dan marshal ini merupakan warga Nusa Tenggara Barat yang sudah berpengalaman pada beberapa event termasuk MXGP Indonesia, Samota Sumbawa 2022.

MXGP di Samota, Sumbawa

Photo :
  • VIVA / Satria Zulfikar (Mataram)
Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

"Sebanyak  60 tenaga medis yang sudah terlatih menghadapi kondisi darurat (emergency respons) pada event MXGP  Samota Indonesia 2022 lalu, kini kembali digunakan pada event grasstrack," katanya. 

Jaya Cross merincikan, dari 60 tenaga medis ini, dibagi menjadi enam tim medis yang terdiri dari sejumlah dokter dan perawat. 60 tenaga medis yang digunakan ini sudah mendapatkan pelatihan pengenalan kode-kode dan jenis-jenis bendera yang digunakan pada event motocross.

"Pemberian pertolongan pertama pada track, cara evakuasi dan penyamaan presepsi pentingnya medical pada mxgp, ini sudah mereka kuasai," tegasnya. 

Lanjutnya, tim medis yang akan bertugas pada MXGP Samota Sumbawa tersebut meliputi 10 dokter spesialis dan umum serta 50 perawat. Begitu juga dengan 10 mashal yang digunakan merupakan marshal yang sudah terlatih dan bersertifikat 

"Kami menyiapkan enam ambulans untuk melakukan evakuasi jika terjadi hal-hal darurat," ungkapnya. 

Kejurnas grasstrack pra MXGP Samota 2023 ini akan digelar pada tanggal 6 Mei hingga 7 Mei 2023 yang akan diikuit oleh puluhan peserta dari berbagai daerah di indonesia termasuk Sumbawa dan Lombok. 

"Tiket digratiskan, karena itu kami mengajak masyarakat Sumbawa dan sekitarnya agar tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menyaksikan langsung Grass Track ini," katanya menambahkan

Laporan: Irwan Taliwang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya