Danau Toba Rally 2023 Diramaikan 7 Mobil Balap Berspesifikasi AP4/R5

Rally Danau Toba 2023
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

VIVA Sport – Sebanyak tujuh mobil balap berspesifikasi Asia Pacific 4 (AP4) dan R5 (WRC2) dipastikan tampil diajang KFC Danau Toba Rally 2023 yang berlangsung di Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Toba Pulp Lestari (TPL), sektor Aek Nauli, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, 24-25 Juni 2023.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilkada Sumut 2024, Ini Hasilnya

Ketua Panitia KFC Danau Toba Rally 2023, Ahmad Syauki Anas mengatakan bahwa Kejuaraan Nasional Reli Putaran Pertama (Kejurnas) ini menghadirkan banyak mobil-mobil berspesifikasi Asia Pacific 4 (AP4) dan R5 (WRC2). Tercatat ada 7 kendaraan jenis ini yang bakal mengadu kecepatan dan ketangkasan berkendara di special stage (SS) KFC Danau Toba Rally 2023.

"Lumayan banyak kendaraan berspesifikasi AP4 dan R5 di KFC Danau Toba Rally 2023. Apalagi Indonesia adalah negara Asia yang paling banyak memiliki mobil reli berspesifikasi kelas dunia ini," kata Ahmad Syauki dalam keterangan tertulis, Rabu 21 Juni 2023.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Ketujuh mobil reli tersebut adalah Citroen C3 yang dikemudikan oleh pereli senior Ricardo Gelael dari tim Jagonya Ayam dan Toyota GR Yaris AP4 milik Ryan Nirwan/Adi Indiarto dari tim Toyota Gazoo Racing (TGR) Indonesia.

Sementara pasangan pereli Ijeck/Hervian Soejono (Bla Bla Bla Motorsport) dan H Atuy Faturrahman/M Fahrezi (Dorsifa Motorsport) bakal mengendarai Skoda Fabia R5. Dan terbaru, adalah hadirnya Ford Fiesta R5 milik pasangan pereli Rihans Variza/Anthony Sarwono dan Dypo Fitra/Yudho Hadi yang untuk pertamakalinya bakal menjajal rute panjang.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Rihans Variza sebelumnya memenangi Kejurnas Sprint Rally di Malang dengan mobil barunya ini. Dan terakhir, adalah Hyundai i20 yang akan dikemudikan oleh pasangan H Rahmat/Hade Mboi dari tim LFN Sederhana Motorsport. 

Untuk persiapan, banyak pereli yang mewaspadai cuaca, mengingat faktor yang tak dapat ditebak ini selalu berubah-ubah dengan cepat dan akan membuat perubahan pada lintasan.

"Persiapan sudah sesuai rencana. Fisik dan tim sudah oke. Tapi mobil harus dapat perhatian khusus, karena baru di-refresh dan belum dicoba," kata pereli Ronny JS.

"Tapi yang paling penting kita harus waspada sama cuaca yang selalu berubah-ubah," lanjut pereli yang mengendarai Datsun B310 dari tim SWM Motorsport itu.

Rally Danau Toba 2023

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

Sementara itu pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia Ryan Nirwan bakal tampil maksimal di KFC Danau Toba Rally kali ini. Pria asal Kalimantan Timur ini berjanji bakal tampil maximum attack mengingat beratnya persaingan dari pereli kelas M lain, seperti Rihans Variza dan Ijeck.

"Ini memasuki tahun kedua kami dengan mobil GR Yaris AP4, saya sudah semakin mengenal karakter mobil. Dan harusnya bisa lebih maksimum lagi di tahun ini. Untuk persiapan tim semua sudah oke," kata Ryan.

Tercatat ada 39 peserta yang berlaga menaklukkan 9 Special Stages dengan panjang total 151,23 kilometer yang membentang dari Negeri Dolok, Huta Tonga, hingga Aek Nauli-Gorbus.

KFC Danau Toba Rally 2023 digelar di Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Toba Pulp Lestari (TPL), sektor Aek Nauli, Parapat, Sumatera Utara, pada 24 sampai 25 Juni 2023. Lintasan reli yang merupakan areal perkebunan PT Toba Pulp Lestari terkenal sangat menantang sekaligus bakal menyuguhkan tontonan yang menarik bagi pengunjung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya