WRC Ditargetkan Kembali ke Sumut, Danau Toba Semakin Dikenal

World Rally Championship
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA Sport – Sumatera Utara terus berjuang untuk bisa menghadirkan kembali World Rally Championship (WRC) di provinsi ini, yang direncanakan berlokasi di Danau Toba. Hal itu, terungkap dari  obrolan santai mengenai kesiapan WRC yang digelar di Mes Pora Pora, Parapat Kabupaten Simalungun, Kamis malam, 22 Juni 2023.

3 Wanita Asal Bogor Ditangkap di Bandara Kualanamu Diduga Selundupkan Sabu-sabu 19 Kg

Hadir dalam acara itu, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, Wakil Ketua Umum IMI Pusat, Ananda Mikola, Ketua Badan Pengawas IMI, Jeffrey JP, Ketua IMI Sumut, Harun Mustafa Nasution dan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Wagub Sumut, Musa Rajekshah mengatakan bahwa untuk menghadirkan WRC memang perlu proses dan waktu. Keseriusan dan semangat dari pemerintah sangat diperlukan agar WRC bisa kembali ke sini.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

“Dan tujuan kita untuk menghadirkan WRC ini memang untuk bangsa dan negara. Bagaimana negara kita dan Sumut kembali dilihat di dunia. Dengan adanya WRC Danau Toba semakin dikenal dan berikan dampak ekonominya bisa membantu masyarakat,” ujar pria yang akrab disapa Ijeck tersebut.

Ia juga sudah menyampaikan keinginannya tersebut ke Presiden RI, Joko Widodo. Dan mudah-mudahan November nanti dalam final kejuaraan APRC terakhir, Presiden RI bisa datang ke Danau Toba.

11 Orang Daftar ke Demokrat untuk Pilgub Sumut, Ada Nama Menantu Jokowi

World Rally Championship

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua IMI Sumut, Harun Mustafa Nasution. Sebagai wakil rakyat, ia juga ingin rakyat merasakan dampak dari adanya WRC.

“Saya pikir masukan kawan-kawan tadi positif. Kita sama-sama akan berjuang untuk kembali menghadirkan WRC ke sini. Sebagai orang yang merangkap wakil rakyat saya juga ingin mengenalkan destinasi kita ke dunia. Pendapatan rakyat kita juga bertambah,” ujarnya.

Ketua Badan Pengawas IMI, Jeffrey JP menilai bahwa secara motivasi dan semangat sebenarnya saat ini sudah sangat siap. Sehingga Sumut layak menjadi tuan rumah WRC.

“Cuma kita harus realistis juga. Makanya kita harus menginventori faktor-faktor apa yang harus kita persiapkan nanti. Itu kita petakan. Kita konekkan dari inventori itu kemana. Misalnya pemerintah pusat perlu dukungan ini. Pemerintah daerah perlu dukungan ini. Komunitas dan masyarakat juga harus mendukung,” katanya.

Bukan hanya itu, masyarakat kita juga sebenarnya katanya sudah paham rally itu apa. Dan yang harus perlu diperhatikan juga infrastrukturnya.

 “Ini perlu kita inventori, hotel di Medan berapa. Kita butuh kurang lebih 5000 kamar dengan bintang 4 dan 5. Kemudian spesial stage (SS) nya juga. Bukan hanya asal dipersiapkan tapi bagaimana SS ini dibuat agar masyarakat juga bisa membeli dengan tiket dan ada income dari situ,” sebutnya.

Dan yang paling berat katanya adalah bagaimana Indonesia bisa menseptikan apa yang menjadi keinginannya FIA yakni Rally Safety Guidelines 2023 yakni 7 index dan 60 items tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya