Danau Toba Rally 2023 Diikuti 39 Peserta, Ada 6 Special Stage

Danau Toba Rally 2023
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

VIVA Sport – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Putaran Pertama Danau Toba Rally 2023 resmi berlangsung, di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) sektor Aek Nauli, Kecamatan Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, 24-24 Juni 2023.

243 Bakal Calon Kepala Daerah Daftar ke Golkar Sumut untuk Bertarung di Pilkada 2024

Kejurnas tahun ini, sebanyak 39 pereli akan memacu tunggangannya masing-masing menjajal 6 spesial stage (SS) hari pertama, Sabtu 24 Juni 2023.

Danau Toba Rally 2023 ini ditandai dengan ceremony start yang dipimpin Wagub Sumatera Utara, Musa Rajekshah. Ia dalam sambutannya, mengatakan, bila tahun ini menjadi padatnya kejuaraan yang digelar di kawasan Danau Toba. Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut akan sibuk sebagai tuan rumah.

Golkar Bertemu PKS, Peluang Koalisi di Pilkada Sumatera Utara Terbuka?

"Tahun ini, empat seri kejuaraan reli. Putaran pertama di Sumatera Utara yang sekarang kita mulai ini," ungkap pria yang akrab disapa Ijeck itu saat ceremony start, Jumat 23 Juni 2023.

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah

Photo :
  • VIVA/B.S Putra
Maju Pilgub Sumatera Utara, Edy Rahmayadi: Jangan Membawa Intervensi Kekuasaan

Ijeck menambahkan, putaran kedua Kejurnas Rally 2023 berlangsung di Kalimantan Selatan, pada Agustus mendatang. Dan, putaran ketiga, kembali ke Sumatera Utara, pada September 2023.

"Juga rangkaian seri kejuaraan Asia Pasifik (APRC) putaran keempat dan kembali November Kejurnas putaran keempat sekaligus juga penutup final round Asia Pasifik putaran ketujuh," jelas Ijeck.

Hari pertama Danau Toba Rally 2023 ini, para pereli menjajal 6 SS dengan panjang 99.90 km, yang membentang dari Nagari Dolok, Huta Tonga, hingga Aek Nauli-Gorbus, pada Sabtu 24 Juni 2023. Sedangkan hari kedua, tersisa 3 SS dengan panjang lintasan 48.48 km.

Danau Toba Rally 2023 ini menjadi ajang persaingan bagi para pereli dengan tunggangannya. Terkhusus bagi 7 pereli yang tampil di kelas M1, dengan mobil balap berspesifikasi Asia Pacific 4 (AP4) dan R5 (WRC2).

Ketujuh mobil reli tersebut adalah Citroen C3 yang dikemudikan oleh pereli senior Ricardo Gelael dari tim Jagonya Ayam dan Toyota GR Yaris AP4 milik Ryan Nirwan/Adi Indiarto dari tim Toyota Gazoo Racing (TGR) Indonesia.

Sementara pasangan pereli Ijeck/Hervian Soejono (Bla Bla Bla Motorsport) dan H Atuy Faturrahman/M Fahrezi (Dorsifa Motorsport) bakal mengendarai Skoda Fabia R5. 

Dan terbaru, adalah hadirnya Ford Fiesta R5 milik pasangan pereli Rihans Variza/Anthony Sarwono dan Dypo Fitra/Yudho Hadi. Dan terakhir, adalah Hyundai i20 yang akan dikemudikan oleh pasangan H Rahmat/Hade Mboi dari tim LFN Sederhana Motorsport.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya