Penjelasan Cedera Marc Marquez yang Gagal Turun di MotoGP Belanda

Marc Marquez Kualifikasi MotoGP Jepang 2022
Sumber :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama

VIVA Sport – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez batal ikut serta dalam gelara MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu malam WIB 25 Juni 2023. Beberapa jam sebelum balapan dilangsungkan, dia terpaksa untuk mundur.

Berhasil Naik Podium Lagi Berkat Motor Ducati, Marc Marquez Singgung Honda

Marquez bermasalah dengan cedera tulang rusuk. Akan tetapi, itu tak membutuhkan operasi, sehingga untuk agenda balapan MotoGP Inggris pada 6 Agustus 2023, kemungkinan dia bisa kembali.

Direktur Medis MotoGP, Angel Charte berbicara mengenai situasi Marquez saat ini. Dia membeberkan cedera apa saja yang dialami pembalap asal Spanyol tersebut.

Klasemen MotoGP 2024: Menang di Jerez, Pecco Bagnaia Ancam Posisi Jorge Martin

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez

Photo :
  • Alessandro La Rocca/LaPresse via AP

"Dia datang ke Belanda dan rasa sakit tulang rusuknya semakin meningkat. USG dilakukan di pusat kesehatan Quiron dan kami melihat adanya patah tulang kecil di tulang rusuk kanan kedua," kata Charte, dikutip dari Dazn.

Hasil MotoGP Spanyol 2024: Marc Marquez Akhirnya Podium, Tapi...

"Itu membuatnya sangat tidak nyaman saat bernapas, melakukan gerakan, dan lainnya. Saya bicara dengannya pada hari Sabtu, dia keluar ke lintasan dan terjatuh. Yang dia katakan kepada saya tidak ada konsekuensinya," imbuhnya.

Akan tetapi, pada hari balapan akan dilangsungkan, Charte melihat ada peningkatan keparahan patah tulang pada Marquez. Risiko dia akan cedera lebih parah lebih besar.

"Saya memutuskan bahwa dia tidak bisa keluar untuk balapan. Dia akan kembali ke rumah sakit di Madrid di mana dia dirawat dan CT scan tulang rusuk harus dilakukan dengan baik," tuturnya.

"Patah tulang rusuk hampir tidak bisa dibedah, tidak ada begitu banyak cedera seperti itu, tapi ada komponen inflamasi yang besar," imbuh Charte.

Dengan situasi ini, Marquez belum sama sekali turun dalam delapan putaran MotoGP 2023. Dia juga kemungkinan melewati MotoGP Kazhakstan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya