Denmark Open Dimulai, BWF Umumkan Protokol Kesehatan COVID-19

VIVA Bulutangkis: Tunggal putri Spanyol, Carolina Marin.
Sumber :
  • Instagram: Carolina Marin

VIVA – Setelah 7 bulan vakum karena menggilanya Virus Corona atau COVID-19, turnamen bulutangkis internasional dimulai. Hari ini, BWF World Tour Super 750 Denmark Open diselenggarakan, Selasa 13 Oktober 2020.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Denmark Open 2020 akan berlangsung di Odense pada 13-18 Oktober 2020 mendatang. Partai nanti diselenggarakan di Odense Sports Park. Pertandingan terbagi di 3 court.

Pertandingan dimulai pada pukul 09.00 AM waktu setempat, atau sekira pukul 14.00 WIB. Sederet pebulutangis dunia akan berjibaku di sana.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Baca juga: Denmark Open 2020 Dimulai, Partai Membara Pebulutangkis Dunia

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) pun menjelaskan protokol kesehatan yang diterapkan selama turnamen tersebut. Aturan tentang Protokol COVID-19 ini dirancang berdasarkan rekomendasi dari pemerintah Denmark, otoritas kesehatan, dan penyelenggara tuan rumah.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Dilansir dari situs resmi BWF, aturan ini bertujuan untuk melindungi atlet dan penyelenggara dari kontak langsung dengan pemain luar dan di dalam venue pertandingan. Untuk meminimalkan interaksi dan dengan mengantisipasi penularan COVID-19.

Sistem Gelembung

Penyelenggara turnamen termasuk pemain, rombongan tim, ofisial teknis, dokter turnamen, staf dukungan teknis, ditambah pejabat BWF dan Bulutangkis Denmark diswab setibanya di Odense selama akhir pekan.

Setelah menunjukkan hasil negatif, mereka memasuki sistem gelembung atau Zona Hijau dan harus mengikuti pedoman dan batasan yang terkait dengan sistem gelembung untuk sisa turnamen. Mereka akan menjalani tes lain selama pertengahan minggu dan pemeriksaan suhu di hotel dan tempat tertentu.

Sistem gelembung ini memungkinkan atlet untuk bergerak secara terbatas di luar hotel dan tempat tertentu. Setiap peserta yang dites positif akan dikarantina dan pelacakan kontak serta tindakan karantina isolasi akan dilaksanakan di bawah bimbingan BWF, Badminton Denmark, dan otoritas kesehatan Denmark. 

Pemain dengan hasil tes positif yang dikonfirmasi atau yang diharuskan menjalani isolasi wajib akan ditarik dari turnamen. Hotel khusus Zona Hijau dan layanan antar-jemput ke dan dari tempat tersebut sedang beroperasi.

Protokol Pemain

Pemain telah diberi arahan untuk mengurangi kontak dengan peserta lain. Menghindari jabat tangan dan menerima shuttlecock dari tempat yang ditentukan, serta tidak berinteraksi dengan penonton.

Mereka juga diharuskan masuk dan keluar dari titik Zona Hijau, dan harus mengikuti jalur Zona Hijau untuk mengakses lapangan pemanasan, ruang latihan atau lapangan kompetisi. Personel Green Zone dilarang pergi ke daerah lain dan kartu indentitas memiliki kode QR untuk membantu memantau dan membatasi pergerakan.

Tindakan Tambahan

Semua peralatan di tepi lapangan seperti tablet wasit dan kursi wasit akan dibersihkan setelah setiap pertandingan. Pemain dan pejabat pengadilan berbaris masuk dan keluar dengan mengingat protokol jaga jarak.

Baca juga: Terlengkap, Jadwal Partai Perdana Denmark Open 2020

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya