Profil Tai Tzu Ying, Ratu Bulu Tangkis Taiwan yang Kalah di Final

Tunggal putri Taiwan, Tai Tzu Ying di Olimpiade Tokyo 2020
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Atlet bulu tangkis asal Taiwan, Tai Tzu Ying, harus kalah di babak final cabang olahraga bulu tangkis di Olimpiade Tokyo 2020 usai ditumbangkan oleh Chen Yu Fei yang berasal dari China, Minggu, 1 Agustus 2021.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Chen Yu Fei berhasil menekuk Tzu Ying dengan skor 18-21, 21-19, dan 18-21 dan memenangkan medali emas. 

Sebelumnya, dalam laga yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Tzu Ying sukses mengalahkan lawannya, Pusarla Venkata Sindhu yang merupakan wakil India, dua dim langsung di semifinal yang digelar pada Sabtu, 31 Juli 2021 lalu.

In Memoriam: Prestasi Gemilang Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu

Profil Tai Tzu Ying

Tzu Ying merupakan atlet bulu tangkis andalan Taiwan kelahiran 20 Juli 1994. Pemain yang saat ini berusia 21 tahun itu merupakan pemain yang menempati peringkat pertama di dunia dalam sektor tunggal putri versi BWF.

Profil Rizki Calon Suami Beby Tsabina yang Punya Karier Mentereng

Kariernya di bulu tangkis dimulai sejak ia baru menginjak bangku kelas tiga SD. Sebab, ayahnya saat itu merupakan direktur dari komite bulu tangkis kota Kaohsiung. Ia mulai menunjukkan potensinya dalam berbagai kompetisi nasional sebelum akhirnya ikut berpartisipasi di tingkat internasional.

Dalam perjalanan kariernya di cabang olahraga bulu tangkis, Tzu Ying sudah 409 kali memenangkan turnamen.

Pada tahun 2011, saat usianya baru menginjak 16 tahun, ia pernah memenangkan gelar kompetisi nasional Taiwan. Kemenangannya tersebut menjadikan Tzu Ying sebagai pemenang termuda dalam sejarah bulu tangkis Taiwan.

Perempuan yang lahir di Kaohsiung, Taiwan itu juga merupakan finalis Kejuaraan Singapura Terbuka tahun 2010. Gelar internasional pertamanya pertama kali diraih pada US Open Badminton Championship atau AS Terbuka tahun 2011 di usianya yang ke-17 tahun.

Tak berhenti di situ, atlet yang juga disebut sebagai Ratu Bulu Tangkis itu juga pernah memenangkan gelar Superseries Final 2014 di Dubai dan gelar Superseries Premier 2016 di Indonesia Terbuka.

Dalam situs resmi BWF, Tai Tzu Ying mengaku ia berambisi untuk meraih medali Olimpiade. Meski saat belum bisa meraih medali emas, Tzu Ying kini sudah menggapai mimpinya tersebut dan berhasil menyabet medali perak di Olimpiade Tokyo 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya