Tak Ada Bendera Indonesia di Piala Thomas, Menpora Jadi Sasaran

Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Tidak berkibarnya bendera Merah Putih saat keberhasilan tim Indonesia meraih gelar juara Piala Thomas membuat Menpora Zainudin Amali jadi sasaran kritik. Dia dianggap tidak bekerja maksimal dalam menjaga lembaga-lembaga olahraga di bawahnya.

Sanksi dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA) kepada Indonesia yang jadi sebabnya. Mereka menjatuhkan sanksi karena Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) tidak patuh menerapkan aturan standar pengecekan.

Sanksi ini diberikan pada pekan lalu. Dan rombongan Piala Thomas yang jadi korban pertama dari sanksi WADA tersebut. Warganet dan sejumlah mantan pebulutangkis Indonesia angkat bicara soal ini.

Hariyanto Arbi menekankan, jika sanksi ini memperlihatkan dengan jelas ada yang tidak beres dalam pengelolaan olahraga Indonesia. Para pemain telah berjuang keras, tapi tidak diimbangi dengan kerja para pemangku kepentingan olahraga Tanah Air.

Legenda bulutangkis Indonesia, Hariyanto Arbi
Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Legenda bulutangkis Indonesia, Hariyanto Arbi

“Sanksi tersebut secara jelas memperlihatkan ada yang tidak beres dalam pengelolaan olahraga kita. Kemenangan kita di Piala Thomas tercoreng ketika Merah Putih tidak bisa berkibar,” kata Hariyanto.


“Para pemain jatuh bangun berlatih dan bertanding, pengurus olah raga tidak maksimal mengelola hal-hal administratif seperti standar doping. Ke depan, selayaknya hal-hal seperti itu tak terjadi lagi,” imbuhnya.