Tekad Rian Usai Bawa Indonesia Juara Piala Thomas

Pebulutangkis Indonesia, Muhammad Rian Ardianto.
Pebulutangkis Indonesia, Muhammad Rian Ardianto.
Sumber :
  • Instagram: Muhammad Rian Ardianto

VIVA – Skuad bulutangkis Indonesia akhirnya menyudahi puasa gelar Piala Thomas selama 19 tahun. Hendra Setiawan cs akhirnya bisa kembali membawa pulang piala bulutangkis beregu putra itu ke Tanah Air setelah terakhir kali pada 2002 lalu.

Pada final Piala Thomas 2020 yang berlangsung di Denmark, Minggu 17 Oktober 2021, Indonesia sukses menghancurkan China di partai final. Tak tanggung-tanggung, Indonesia mengunci kemenangan hanya melalui tiga gim saja, alias 3-0.

Anthony Sinisuka Ginting menyumbangkan poin pertama. Ia memenangkan duel kontra Lu Guang Zu lewat rubbergame (18-21, 21-14 dan 21-16).

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses menggandakan keunggulan Indonesia. Mereka menghajar He Ji Ting/Zhou Hao Dong dua gim langsung (21-12 dan 21-19).

Jonatan Christie mengunci kemenangan Indonesia. Ia menjungkalkan Li Shi Feng lewat rubbergame (21-14, 18-21 dan 21-14).

Usai sumbang poin untuk gelar juara Indonesia, Rian pun buka suara. Ia bertekad usai juara di Piala Thomas lebih konsisten dalam permainan. 

Rian menjelaskan, hal yang bikin ia dan Fajar tampil mengerikan adalah dukungan dari masyarakat Indonesia yang tinggal di Denmark.