Terungkap, Kunci Sukses Bilqis Habisi Ratu Bulutangkis di Piala Uber

Tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Tunggal putri Bilqis Prasista membuat kejutan dalam partai pertama penyisihan Grup A Piala Uber 2022 dengan mengalahkan peringkat satu dunia dari Jepang, Akane Yamaguchi, di Bangkok, Thailand, Rabu 11 Mei 2022.

Ambisi Tim Bulutangkis Indonesia Raih Juara Piala Thomas dan Uber 2024

Bilqis yang tampil pada partai pembuka, tampil meyakinkan untuk menang dua gim langsung 21-19 dan 21-19 hanya dalam waktu 35 menit.

Usai kemenangan itu, Bilqis sebagai pemilik rangking 333 dunia membongkar kunci suksesnya. Salah satu yang diterapkan adalah membuat Akane terus berlari.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

"Saya tidak menyangka bisa menang atas Akane. Karena dia itu pemain nomor satu dunia dan memiliki prestasi banyak. Tadi strategi saya hanya bagaimana membuat dia lari terus. Juga saya harus siap tahan dan semangat," ujar Bilqis lewat keterangan resmi PBSI, Kamis 12 Mei 2022.

Ia pun dengan polos mengungkapkan perasaan bahagia bisa memenangkan laga kontra ratu bulutangkis dunia itu. "Saya bisa membuat kejutan. Saya kan rangkingnya masih jauh. Tetapi bisa menang atas Akane," ucapnya.

Jadwal dan Siaran Langsung Tim Bulutangkis Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2024

Selain itu, ada jurus paling ampuh bagi Bilqis untuk memenangkan pertandingan. Pesan orangtuanya lah yang membuat ia bisa menaklukkan hal sulit.

"Saya main tanpa beban. Saya yakin saja, di pertandingan, tidak ada yang tidak mungkin. Orangtua (Joko Suprianto dan Zelin Resiana), juga berpesan kalau ketemu siapa saja, jangan takut dan selalu yakin. Sebab tidak ada yang tidak mungkin sepanjang mau berusaha dan yakin kita bisa," ungkapnya.

"Tadi di lapangan setelah memastikan menang, saya mau menangis haru dan gembira karena seoerti mimpi bisa menang dan membuat kejutan. Tetapi air mata ini tidak keluar. Sangat senang bisa menang dan membawa Indonesia unggul 1-0 atas Jepang. Semoga teman-teman juga semangat, jangan takut dan yakin saja menghadapi pemain-pemain Jepang yang punya prestasi dan rangkingnya bagus-bagus," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya