Keseruan Atlet Para Badminton Menikmati Candi Prambanan dan Malioboro

Atlet Para Bulutangkis Dunia berkunjung ke Candi Prambanan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Sport – Usai digelarnya turnamen FOX'S Indonesia Para Badminton International (FIPBI) 2022, atlet-atlet para bulutangkis dari 10 negara beserta wasit dan official dari Badminton World Federation (BWF) menjalani city tour yang dilakukan pada Minggu 28 Agustus 2022. Para atlet ini diajak mengunjungi sejumlah tempat wisata di DIY.

Sebanyak 69 atlet para bulutangkis ini menyempatkan diri untui berkeliling kompleks Candi Prambanan, santap siang di Ramayana Resto, hingga mencari buah tangan di kawasan Malioboro.

Saat berwisata ke Candi Prambanan, para atlet dari berbagai negara ini nampak puas dan terpesona dengan keindahan bangunan candi yang dibangun pada abad ke-9 ini. Selama lebih kurang dua jam, para atlet ini menjelajahi sudut-sudut Candi Prambanan.

Usai dari Candi Prambanan, para atlet diajak untuk santap siang di Ramayana Resto yang masih berlokasi di kawasan yang sama. Mereka menikmati ragam menu di restoran bernuansa Jawa Tengah yang menyajikan menu tradisional tersebut, seperti mi goreng, soto, tahu bacem, tempe mendoan, dan lainnya. Tak sedikit di antara mereka yang merasa ketagihan ketika menyantap sate ayam.

Usai memanjakan lidah dengan sajian khas Nusantara, seluruh atlet melanjutkan perjalanan ke tempat ikonik lainnya, yakni Malioboro untuk berburu oleh-oleh. Meski nampak sedikit kebingungan memilih buah tangan yang tepat untuk dibawa ke negaranya, sebagian besar dari mereka akhirnya memutuskan untuk membeli baju, tas, gantungan kunci, hingga beragam jenis bakpia.

Salah satu atlet asal Australia, Grant Manzoney, yang turun di nomor tunggal putra WH 2, ganda putra dan ganda campuran WH 1 - WH 2, berpartisipasi dalam turnamen dan mengikuti rangkaian city tour menjadi momen berharga untuknya. Pada kunjungan perdananya ke Indonesia, Manzoney mengaku sangat terkesan dengan keramahan masyarakat maupun keindahan alam Indonesia.

"FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 adalah turnamen yang baik, mungkin terbaik di antara turnamen-turnamen yang pernah saya ikuti. Saya sangat menikmati selama sepekan berada di Yogyakarta. Saya bertemu dengan orang-orang yang sangat ramah, dan di sisi lain saya juga mendapatkan hasil yang cukup bagus di turnamen ini," kata Manzoney.

"Dalam perjalanan karier saya di para badminton, memang saya banyak berkunjung ke berbagai kota di dunia. Namun, turnamen ini menurut saya adalah pengalaman yang menarik, banyak hal baru yang saya dapatkan, terutama dari segi budaya seperti yang ada di belakang saya ini (Candi Prambanan)," sambung Manzoney

Sementara itu atlet asal Peru Hector Jesus Salva Tunque mengaku cukup terkejut melihat megahnya Candi Prambanan di pagi hari libur tersebut. Dengan menggunakan telepon seluler yang tak pernah lepas dari genggamannya, Hector merekam beragam sudut candi yang menurutnya menarik untuk dibuat menjadi sebuah video mengenai kunjungan perdananya ke Tanah Air.

"Ini candi yang indah sekali. Selain foto-foto dan video, saya juga mendapatkan penjelasan yang membuat saya cukup penasaran dengan kultur dan budaya Indonesia," kata Hector.

"Saya berharap dapat kembali lagi bermain atau bahkan berlibur di Indonesia. Yang pasti, saya akan ke Solo untuk berlatih bulutangkis dengan para atlet Indonesia," imbuh Hector.

Hector yang berlaga di nomor ganda, ganda campuran, dan ganda putra ini, mengucapkan terima kasih kepada para pebulutangkis dan pelatih Indonesia dan NPC Indonesia, yang telah memberikannya banyak masukan untuk mendongkrak prestasinya di gelanggang para bulutangkis dunia.

"Saya merasa bersyukur atas kesempatan bermain dan belajar bulutangkis, begitu pun kultur dan budaya Indonesia," jelas Hector.

Sementara, Para Badminton Manager Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) Syahmi Sabron mengungkapkan, penyelenggaraan FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 berjalan dengan baik dan lancar, bahkan di atas standar yang telah ditetapkan oleh BWF.

Syahmi mengapresiasi penyelenggara yang mengusung konsep sport tourism dengan diadakannya city tour untuk para atlet. Sebab menurutnya, rangkaian tersebut cukup penting agar atlet dapat menikmati waktu berkualitas selepas turnamen dan membawa pengalaman menarik ke negaranya masing-masing.

"Ya penyelenggaraan FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 melebihi standar yang kami sarankan. Turnamen ini boleh dijadikan contoh untuk pelaksanaan turnamen para badminton lainnya. Bagi saya Indonesia seperti rumah untuk olahraga badminton," urai Syahmi.

"Dengan adanya city tour saya rasa juga sangat bagus agar atlet bisa mengetahui tempat ikonik di Yogyakarta. Atlet bukan hanya datang untuk bertanding saja, tapi bisa merasakan suasana yang berbeda di tempat-tempat yang mereka kunjungi. Terima kasih kepada penyelenggara dan sponsor," tutur Syahmi.

Sebagaimana diketahui, FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 diselenggarakan selama lima hari dari tanggal 23 Agustus hingga 27 Agustus 2022 di GOR Among Rogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Turnamen Grade 2 Level 3 dalam kalender federasi bulutangkis dunia (BWF) ini diikuti oleh 69 atlet yang terdiri dari 10 negara. Skuad “Merah Putih” berhasil mempersembahkan 17 gelar juara dari 18 kategori yang dipertandingkan.

Ngamuk di Laga Pertama, PBSI Peringkatkan Tim Thomas dan Uber Indonesia
Tunggal putra Jepang, Kento Momota

Kento Momota Tak Mau Jauh-jauh dari Bulutangkis Usai Pensiun

Tunggal putra Jepang Kento Momota mengatakan ingin tetap berkecimpung di dunia bulutangkis bahkan setelah ia pensiun sebagai seorang atlet.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024