Tim Bulutangkis Beregu Putri Indonesia Tembus Final SEA Games 2023

Timnas bulutangkis Indonesia di SEA Games 2023
Sumber :
  • Antara

VIVA Sport - Tim bulutangkis beregu putri Indonesia memastikan diri melangkah ke final SEA Games 2023 Kamboja setelah membungkam Filipina dengan skor 3-0 di Morodok Techo Badminton Hall, Phnom Penh, Rabu 10 Mei 2023.

Ganas, Indonesia Hajar Inggris 5-0 di Thomas Cup

Komang Ayu Cahya Dewi kembali menjadi penyumbang poin pertama untuk skuad Merah Putih. Dia tanpa kesulitan menumbangkan wakil Filipina Mikaela de Guzman dengan 21-13, 21-5.

Dia mengaku masih tegang menjadi pemain pertama yang tampil, meski sebelumnya mendapat tugas yang sama ketika melibas Kamboja 3-0.

Menjadi Saksi Perjuangan Tim Bulutangkis Indonesia Rebut Kembali Piala Thomas dan Uber 2024

"Pada gim pertama saya bermain agak ragu-ragu karena lawan kemarin membuat kejutan dan saya pernah beberapa kali satu turnamen dengannya," kata Komang usai laga.

"Setelah itu saya bisa mengatasi ketegangan dan berhasil meraih kemenangan kedua. Senang bisa menyumbang poin. Ketika saya kembali di turunkan, besok, semoga saya bisa bertanggung jawab lagi," ujarnya.

Uber Cup 2024: Indonesia Gilas Hong Kong 5-0 di Laga Perdana

Kemenangan Komang juga diikuti ganda putri Amalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma yang mengalahkan Airah Albo/The Pomar dengan skor 21-11, 21-12.

"Kami bermain jauh lebih baik daripada kemarin karena sudah menyesuaikan kondisi lapangan dan kok. Kami juga sudah menyiapkan pola yang akan dimainkan dengan mempelajari permainan lawan," kata Amalia.

Ester Nurumi Tri Wardoyo menjadi kunci kemenangan Indonesia atas Filipina. Tunggal putri kedua yang turun dalam laga hari ini mengalahkan Bianca Carlos dengan skor 21-19, 21-9.

"Pada gim pertama saya tegang. Pergerakan kaki juga kurang cepat. Kemudian saya mencoba untuk mempercepat permainan hingga akhirnya menang. Pada gim kedua saya tampil all out dan lebih yakin dengan mengeluarkan semua kemampuan saya," ujar Ester.

Dengan kemenangan ini, tim beregu putri Indonesia melaju ke final dan akan berhadapan dengan Thailand yang sebelumnya meraih kemenangan atas Singapura dengan skor 3-1.

Laga tersebut akan menjadi ulangan dalam dua SEA Games sebelumnya 2019 di Filipina dan 2021 Vietnam yang bergulir tahun lalu.

Dalam dua pertandingan final tersebut, Indonesia selalu kalah dari Thailand. Pada 2019, Indonesia harus puas dengan perak usai kalah dengan 1-3. Kemudian kembali menjadi runner-up kalah dari Negeri Gajah Putih dengan 0-3. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya