Terinspirasi Chico Aura, 16 Atlet Papua Ramaikan Polytron Wali Kota Cup Solo 2023

Ketua Mandala Badminton Club Jayapura Piter Kainama
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Sport – Kejuaraan nasional bulutangkis Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 tidak hanya menarik minat para atlet di Pulau Jawa tetapi juga dari luar Jawa. Sebanyak 16 atlet asal Papua kepincut terbang ke Solo untuk mengikuti turnamen bulutangkis yang memperebutkan total hadiah hingga di atas Rp600 juta.

Korban Penembakan OPM Dievakuasi dari Homeyo ke Timika

Salah satu atlet dari Papua yang ikut serta Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 adalah Fathir. Atlet bulutangkis kelahiran 16 Juhni 2024 di Serui, Kepulauan Yapen, Papua ini turun pada kategori tunggal usia dini putra U-11. Ia merupakan satu dari 16 atlet Papua yang terbang ke Solo untuk mengikuti kejuaraan bulutangkis yang disokong Bakti Olahraga Djarum Foundation.

Di hari pertama pertandingan yang digelar di GOR Sritex Arena, Solo pada Senin, 5 Juni 2023, atlet berusia delapan tahun ini harus berjuang ekstra keras untuk melalui gim pertama saat berhadapan dengan wakil Jaya Raya Solo, Haydhar Al Zakhiri. Akhirnya Fathir mampu menuntaskan gim pembuka dengan skor 21-19.

TNI-Polri Evakuasi Jenazah Warga Korban Penembakan OPM di Papua

Memasuki gim kedua, Fathir merasa telah dapat menerapkan strategi yang instruksikan kedua pelatihnya. Alhasil ia pun bisa dengan leluasa mengontrol permainan hingga interval gim kedua. Fathir sukses mengalahkan lawannya pada laga perdananya setelah pada gim kedua menang 21-12.

Jumpa

Photo :
  • 1486259
Peringati Hardiknas, Para Pelajar Mengikuti Program 'A Day In My Life Jadi Wali Kota Tangerang'

“Senang tapi tegang juga tadi,” ucapnya.

Ketua Mandala Badminton Club Jayapura Piter Kainama mengaku sengaja mengirim para atletnya untuk mengikuti turnamen bulutangkis yang digelar di Pulau Jawa. Keputusan tersebut merupakan strategi dari klub untuk mendongkrak para atlet asal Bumi Cendrawasih. Salah satunya dengan mengirimkan para atletnya mengikuti Polytron Wali Kota Cup Solo 2023.

“Di Papua pertandingan sangat minim, bahkan hampir tidak pernah ada dalam beberapa tahun terakhir. Sementara atlet-atlet ini punya prospek ke depan yang bagus. Kalau kita tinggal di Jayapura saja, mereka tidak akan mampu berkembang,” kata dia.

Dengan tujuan yang mulia untuk pengembangan para atlet, Piter mengungkapkan pihak manajemen memutuskan untuk kerja sama dengan klub yang ada di Jawa supaya kemampuan para atlet Papua itu bisa berkembang dengan pesat.

“Dengan berlatih di Jawa kemampuan para atlet bisa terasah, memiliki jam terbang tinggi dan bisa menjadi atlet-atlet yang handal,” ucapnya.

Piter pun mengapresiasi penyelenggaraan Polytron Wali Kota Cup Solo 2023. Pasalnya kejuartaan dengan total hadiah lebih dari Rp 600 juta ini diikuti tak kurang dari 1.284 atlet dari 225 klub yang datang dari berbagai penjuru Tanah Air. Tak hanya itu, kejuaraan ini terdaftar sebagai kejuaraan swasta nasional dalam kalender PBSi sehingga para atlet yang juara akan mendapatkan rancking poin nasional.

“Pertandingan ini penting untukmenagsah mental dan juga kemampuan para atlet. Kami bersyukur bila para atlet yang kabi bawa bisa merah gelar juara. Tapi kalaupun tidak dapat medali, kami berharap atlet-atet ini di kemudian hari membawa nama baik Papua tapi juga Indonesia,,” kata dia.

“Dan sudah terbukti, sudah ada anak-anak Papua yang telah menjadi atlet nasional. Semoga mereka ini bisa menjadi ‘Chico-Chico’ yang akan datang,” tambah Piter seraya merujuk salah satu tunggal putra andalan Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo..

Terpisah Wakil Ketua Pelaksana Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 Eddy Prayitno mengapresiasi kepada para atlet-atlet yang telah rela datang jauh-jauh untuk mengikuti kejuaraan nasional bulutangkis di Solo ini. Ia pun berharap para pebulutangkis itu dapat menunjukkan penampilan maksimalnya selama mengikuti turnamen ini.

“Kejuaraan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi para atlet untuk menguji kemampuan mereka dan menambah jam terbang sehingga kelak bakat mereka bisa berkembang ke level yang lebih tinggi,” ucapnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya