Nadal Belum Punya Jawaban untuk Djokovic

Novak Djokovic juara US Open 2011 dengan latar belakang Rafael Nadal
Sumber :
  • REUTERS/Eduardo Munoz

VIVAnews - Rafael Nadal belum punya jawaban untuk mengatasi Novak Djokovic setelah tumbang di final US Open 2011, Selasa 13 September 2011 pagi WIB. Meski begitu Nadal berambisi untuk bangkit.

12 bulan lalu Nadal tampil perkasa ketika mengalahkan Djokovic di final US Open. Petenis asal Spanyol itu tidak harus susah payah untuk mengalahkan Djokovic 6–4, 5–7, 6–4 dan 6–2 saat ini. Nadal pun berjaya sebagai petenis nomor satu dunia ketika itu.

Setahun kemudian, kondisinya berubah 180 derajat. Kali ini giliran Nadal yang tidak mampu berbuat banyak menghadapi Djokovic. Nadal berusaha keras mengejar setiap bola yang diberikan petenis asal Serbia tersebut, namun pada akhirnya Djokovic sukses menang 6-2, 6-4, 6-7 dan 6-1.

Ini adalah kekalahan keenam Nadal dari Djokovic sepanjang 2011, dan semuanya terjadi di babak final. Termasuk ketika Nadal harus merelakan predikat nomor satu dunia ke tangan Djokovic di final Wimbledon 2011.

Sebelum final US Open 2011, Nadal mengaku belum punya solusi untuk mengalahkan Djokovic. Dan omongan petenis 25 tahun tersebut terbukti. Usai laga Nadal kembali mengakui dirinya belum punya jawaban untuk menundukkan Djokovic.

"Ini pertandingan yang berat, baik secara fisik, mental dan semuanya. Saya berjuang hingga poin terakhir. Saya berusaha bermain gila-gilaan, tapi dia (Djokovic) selalu berhasil mengembalikan bola," ujar Nadal seperti yang dilansir Reuters.

Djokovic memang menunjukkan performa luar biasa sepanjang 2011. Dari 66 laga yang dijalani, petenis 24 tahun tersebut hanya menelan dua kekalahan dan merebut 10 gelar, termasuk Australia Open, Wimbledon dan terakhir US Open.

Meski selalu gagal mengalahkan Djokovic sepanjang tahun ini, Nadal yakin akan bangkit. "Enam kekalahan beruntun jelas menyakitkan, tapi saya akan terus bekerja keras tiap hari hingga situasinya berubah. Saya punya target. Akan sulit mengubah situasi ini, tapi targetnya mudah dilihat," pungkas Nadal. (irb)

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir
Polisi bekuk pelaku begal yang bacok siswa SMP di Depok

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Begal itu menyasar pelajar dan perempuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024