Thomas Uber Cup 2016

Tantang Denmark, Ini Prediksi Para Legenda Tunggal Putra

Tim Piala Thomas Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

VIVA.co.id – Jelang laga final Piala Thomas, tim Indonesia mendapat dukungan positif dari para legenda bulutangkis nasional untuk dapat berjaya atas tim Denmark di Kushan Sport Centre, China, Minggu 22 Mei 2016.

Penonton Berpotensi Hadir di Indonesia Open dan Masters, Ini Kata PBSI

Sejumlah mantan bintang tim Piala Thomas era 90'an ini pun percaya bahwa tahun ini lambang supremasi bulutangkis beregu putra tersebut akan kembali direngkuh skuad Merah Putih.

(Baca juga: Final Piala Thomas 2016: Susunan Pemain Indonesia vs Denmark)

Terungkap, Alasan PBSI Tunjuk Fadia jadi Tandem Baru Apriyani

Prediksi pertama datang dari Hariyanto Arbi. Mantan tunggal putra berjuluk "smash 100 watt" ini yakin, Tommy Sugiarto cs akan mampu mengatasi perlawanan regu Denmark di partai puncak kali ini. Ia pun berharap, para penggawa Merah Putih tetap fokus dan waspada sepanjang laga final nanti.

"Ini momen yang baik, peluangnya pun cukup terbuka, kansnya 55-45 untuk Indonesia. Meski di tunggal putra, pemain kita kalah secara peringkat. Tetapi, dalam pertandingan beregu akan banyak faktor yang bisa mengubah asumsi tersebut," ujar Hariyanto yang dihubungi VIVA.co.id.

Duh, Indonesia Terpaksa Kurangi Wakilnya di German Open 2022

"Yang jelas, tetap konsentrasi penuh dan jangan pernah berpikir kalah sebelum bertanding. Kematangan mental akan jadi faktor penentu," tambah pria yang kini sukses menjadi pengusaha apparel bulutangkis ini.

Hal senada juga datang dari peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992, Alan Budikusuma. Menurut suami Susy Susanti ini, tim Indonesia punya peluang di tiga nomor pertandingan nanti.

"Secara pribadi, saya berharap tim kita bisa mengambil tiga angka di laga nanti. Dua ganda dan satu nomor tunggal punya kesempatan besar untuk dioptimalkan menjadi kemenangan, yakni Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, dan mungkin Anthony Ginting," ungkap Alan.

Mantan pemian tunggal putra ini juga merupakan bagian skuad Indonesia, kala merebut Piala Thomas 1996 di Hong Kong, di mana di final saat itu tim Merah Putih juga sukses mengalahkan Denmark.

"Sejarah membuktikan, kita bisa berjaya atas mereka. Asalkan fighting spirit, sabar, dan tenang dalam menghadapi tekanan yang pasti sangat besar dalam laga final seperti sekarang ini," tegas Alan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya