Heboh, Aksi Guru Ceramah Berjam-jam Hingga Siswa Jatuh Pingsan

Ilustrasi siswa dalam kelas.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Kejadian mengejutkan baru-baru ini datang dari daerah Kabupaten Bone Sulawesi Selatan (Sulsel). Di mana dengan adanya kejadian tersebut membuat dunia jagat maya di Indonesia sontak dibuat tecengang melihatnya.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Datang dari Kabupaten Bone Sulawesi Selatan (Sulsel), didapati seorang guru yang mendadak viral di media sosial karena aksinya yang konyol.  Di mana, guru itu bernama Usman. Sosoknya mendadak jadi pusat perhatian warganet se-Indonesia.  

Diketahui dari unggahan ulang foto milik akun Instagram @palopo_info pada 24 September 2021 ini. Di mana diketahui dari caption foto yang dibagikannya di laman Instagram , jika pria yang berprofesi sebagai guru itu benar-benar berhasil membuat para siswa/i di sekolah.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional
Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

Peristiwa tersebut rupanya terjadi di SMP Negeri 3 Dua Boccoe pada17 September 2021 yang diunggah oleh seorang akun Facebook milik Eddha Sikki. 

Di mana pada unggahannya itu dikatakan jika seorang guru bernama Usman asal Sulawesi Selatan itu mengumpulkan para siswa/inya yang ada di dalam kelas untuk mendengarkan ceramahnya saat itu.

Yang bikin kesalnya lagi, ceramah yang dilakukan oleh pria tersebut berlangsung selama berjam-jam. Tentu saja hal ini berpengaruh pada rasa kepedulian siswa/i berkurang untuk memerhatikan ceramah pria tersebut.

Tak hanya kehilangan konsentrasi untuk memerhatikan ceramah, bahkan diduga sejumlah siswa pun banyak yang merasa kelelahan dan ada yang jatuh pingsan di kelas. 

Sontak saja peristiwa tersebut viral di media sosial setelah diunggah oleh salah satu orangtua murid di sekolah tersebut. Menurutnya, aksi konyol guru tersebut di dalam kelas membuat para siswa/i jadi kelaparan.

Tapi tetap saja sang guru masih melanjutkan ceramahnya tanpa memerhatikan kondisi para siswa/i.
"Semoga saja bisa sampe ke Telinga Kadis Pendidikan Kabupaten Bone, bahwa seorang guru mengurung muridnya dari jam 7 sampai jam 3 sore sehingga para murid kelaparan bahkan ada yang hampir pingsan, tanpa ada alasan yang jelas. Tepatnya SMP Mario," tulis akun Facebook Eddha Sikki pada Jumat (17/9).

Menurut Dinas Pendidikan daerah Bone, Nursalam mengatakan jika ceramah yang disampaikannya terlalu panjang.

Nursalam mengatakan jika, Usman saat itu masuk ke kelas VII saat para siswa hendak pulang sekitar pukul 11.00 WITA. Langsung, Usman meminta para siswa di kelas VII, VIII dan IX untuk tetap di dalam kelas.

"Bukan jam tujuh, melainkan guru itu ceramah dari jam sebelas hingga jam tiga sore," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Bone.

Dengan adanya peristiwa tersebut sontak membuat para orangtua murid jadi merasa cemas dan khawatir, lantaran anaknya belum pulang tepat waktu.  Usut punya usut, ternyata guru yang memberikan ceramah tersebut merupakan seorang yang memiliki riwayat penyakit kelainan jiwa. Usman merupakan pindahan dari Sulawesi Tengah pada tahun 2016 lalu.

Nursalam menjelaskan, Usman dipindahkan ke Bone karena melakukan hal yang sama di sekolah lamanya. Usman pun telah dipanggil pihak sekolah untuk menjelaskan permasalahannya tersebut.

"Guru yang bersangkutan memiliki gejala tidak normal. Jadi sebagian besar dari orang tua murid maklumi kejadian tersebut," katanya.

Tidak hanya para wali murid yang dibuat kesal, para warganet juga gemas dengan aksi konyo guru tersebut saat memberikan ceramah tak tahu waktu. 

"Pembicara yg baik, adalah pembicara yg tau waktu," kata ririn_ringgo.

"2 tahun kdong nah tahan tdk Ngajar akhirnya nah lampiaskan sehari ????????" tulis 
suryabumitama.

"Pasti ini guru na anggap dirinya paling hebat dan paling pintar," kata erwinalifabara.

"jangan lupa Klian semua pintar ngetik komentar Kya gini pintar membaca menulis itu karena adanya seorang guru yang pernah ngajarin Klian," tulis algaa87.

"Guru ngk ada ahlak????????," kata rswan27.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya