Inspiratif! Marbot Masjid di Malang Bikin Live Streaming Pengajian untuk Masyarakat

Ilustrasi pengajian (foto/viva.co.id)
Sumber :
  • U-Report

VIVA  Trending – Seluruh umat Muslim kini tengah menunaikan ibadah bulan suci Ramadhan. Bulan suci Ramadan yang penuh berkah ini tentu selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu sekaligus didambakan oleh seluruh umat muslim di berbagai penjuru dunia. 

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

Tak hanya itu, kehadiran bulan Ramadhan juga menjadi momen paling dimanfaatkan oleh sejumlah umat Muslim untuk memperbanyak pahala. Tak heran jika selama satu bulan penuh ini, berbagai aktivitas keagamaan pun semakin meningkat.

Ilustrasi jemaah di dalam masjid

Photo :
  • U-Report
Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

Hal itulah yang juga dilakukan salah satu sebuah masjid di kota Malang. Di mana banyak aktivitas keagamaan yang dilakukan demi mendapatkan banyak pahala di bulan suci yang penuh berkah ini.

Masjid Sabillah namanya, menjadi salah satu rumah Allah yang tak ketinggalan melakukan aktivitas selama bulan Ramadhan ini. Namun, di tengah pandemi yang belum tuntas ini rupanya masih banyak jemaah yang tidak bisa hadir secara langsung di masjid untuk mendengarkan kajian dan ceramah secara langsung.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Namun, berkat salah seorang marbot di Masjid Sabillah yakni Yoga Prawira, jamaah yang tidak bisa hadir di masjid kini dimudahkan agar bisa tetap mengikuti kajian dan ceramah melalui sebuah live streaming yang dibuatnya.

Yoga Prawira merupakan seorang pria yang  aktif sebagai pengurus media sosial masjid, melakukan live streaming setiap kali kajian dan ceramah berlangsung.

Melansir unggahan Instagram @indozone pada Senin, 03 April 2023, selama bulan suci Ramadhan, Yoga Prawira dibuat sibuk dengan jadwal kegiatannya. Di mana setiap malamnya, sang marbot harus mempersiapkan peralatan live streaming seperti kamera dan mikrofon.

Marbot Masjid

Photo :

Tidak hanya itu, marbot asal Malang tersebut juga harus memastikan jaringan internet yang digunakan cukup aman digunakan agar kajian dan ceramah bisa disaksikan oleh banyak orang.

"Kegiatan live streaming ini saya lakukan untuk membantu jamaah yang tidak bisa hadir secara langsung di masjid. Dengan adanya live streaming ini, mereka tetap bisa mengikuti kajian dan ceramah dari rumah," terang Yoga seperti yang dikutip VIVA.co.id dari laman Instagram @indozone.

Selain melakukan live streaming untuk memberikan seputar kegiatan keagamaan, marbot Malang ini juga aktif kerap membantu pengurus masjid dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. 

Dia juga membantu dalam mempersiapkan sahur dan berbuka puasa bagi jemaah yang berbuka di masjid.Dengan semangat yang tinggi, Yoga Prawira berharap kegiatan live streaming ini bisa terus berlangsung dalam jangka waktu yang panjang.

Selain itu, dia juga berharap dengan adanya kegiatan live streaming yang dilakukannya ini, maka akan semakin banyak jemaah yang bisa merasakan manfaat dari adanya kegiatan pengajian yang dilakukan secara online tersebut.

Sontak saja kegiatan maupun inisiatif yang dilakukan marbot bernama Yoga Prawira asal Malang ini pun menuai banjir pujian dari sejumlah warganet di media sosial. 

"Ini yang dibilang KH. Zainuddin MZ Allahu yarham bahwa umat Islam harus menguasai teknologi sehingga mampu menciptakan sarana yang bisa menunjang pelaksanaan ibadahnya," tulis warganet.

"Bagus klo kaya gini biar nambah wawasan selama ramadhan," komentar salah satu warganet.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya