Fakta-fakta Ponpes Al Kafiyah Mirip Al Zaytun Tuai Kontroversi, Bisa Hapus Dosa?

Fakta-fakta Ponpes Al Kafiyah Mirip Al Zaytun Bikin Kontroversi
Sumber :
  • Tangkapan layar

Jakarta – Media sosial dihebohkan dengan salah satu Pondok Pesantren (Ponpes) Al Kafiyah, yang disebut mirip dengan Ponpes Al Zaytun.

Pernah Jadi Kontroversi, Pose Song Joong Ki di Karpet Merah Baeksang Awards jadi Sorotan

Bagaimana tidak, Ponpes Al Kafiyah juga bikin kontroversi terkait ajaran agama islam. Seperti apakah kontroversinya? Simak fakta-fakta selengkapnya berikut ini.

Imam sholat wanita

Viral Aksi Begal Payudara Siswi SMP di Bogor, Pelaku Diduga ODGJ

Fakta-fakta Ponpes Al Kafiyah Mirip Al Zaytun Bikin Kontroversi

Photo :
  • Tangkapan layar

Belum juga selesai dengan polemik Ponpes Al Zaytun Indramayu, kini media sosial kembali dihebohkan dengan munculnya Ponpes Al Kafiyah yang bikin geger publik. Pasalnya, di Ponpes tersebut, imam sholatnya yaitu wanita.

Tukang Parkir Liar di Bekasi Serobot Lahan Warga, Ditegur Malah Ngamuk

Dalam unggahan akun Instagram @ndorobei.official pada Selasa, 27 Juni 2023, terlihat sekelompok pria dan wanita sedang melakukan gerakan menyerupai salat berjamaah.

Seorang wanita yang mengenakan baju hijau bercadar menjadi imam dalam ritual yang mereka lakukan itu. Tiga orang laki-laki berada di belakang mengikuti gerakan si wanita.

Sementara di sisi kiri, juga terlihat empat orang ibu-ibu berkerudung berdiri mematung sambil melihat ritual yang dilakukan.

Dalam banner yang terpampang di dinding terlihat tulisan “Ponpes Al Kafiyah. Pimpinan Guru Besar Ustadzah Umariyah".

Sembah lilin?

Fakta-fakta Ponpes Al Kafiyah Mirip Al Zaytun Bikin Kontroversi

Photo :
  • Tangkapan layar

Terlihat jika mereka, sekelompok pria dan wanita melakukan gerakan sholat. Namun, di hadapan imam yakni wanita bercadar, terdapat lilin yang menyala. Diduga, mereka melakukan ritual bukan untuk sembahyang.

Jika diperhatikan, mereka seperti kesurupan. Tubuh pria di belakang imam itu lemas seperti tidak sadarkan diri. Begitu juga dengan wanita disampingnya, tatapannya seperti kosong.

Bisa hapus dosa

Pesantren Al Kafiyah

Photo :
  • YouTube

Lebih lanjut, dalam banner tersebut juga dituliskan bahwa mereka menerima pengobatan non medis dan tengah membuka penerimaan santri baru. Serta, yang paling mengejutkan ada sebuah tulisan bisa menghapus dosa. 

Lokasi keberadaan Pesantren Al Kafiyah tersebut diduga satu lokasi dengan Padepokan Sendang Sejagat yang berada di Hinai Kiri, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut).

Disebut hanya konten

Imam salat wanita di Pesantren Al Kafiyah

Photo :
  • YouTube

Berdasarkan penelusuran VIVA Trending, video tersebut merupakan potongan dari konten di kanal YouTube AL ASHNAF BANDIT PSS yang dipandu oleh seorang pria bernama Irfan.

Dalam video yang dibagikan kanal YouTube tersebut pada 17 Juni lalu, Irfan mencoba mendatangi Pesantren Al Kafiyah bersama teman-temannya.

Belum diketahui apakah cuplikan tayangan tersebut benar-benar merupakan kegiatan Ponpes Al Kafiyah atau hanya akting untuk tayangan konten semata.

Meski begitu, video tersebut telah ramai diperbincangkan warganet. Banyak yang menyebut jika video tersebut hanya konten belaka yang mencari sensasi.

Itu kaya nya cuma pngen viral. Masa iya si ponpes tulisan nya di banner di taruh depan rumah wkwk,” dugaan netizen.
Ini sih bukan Islam, tapi Aliran Penyembah Matahari. Nanti juga hilang sendiri. Cuma cari sensari aja,” tandas yang lain.
Caper doang ini mah,” ujar netizen lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya