Momen Iriana Cium Tangan Presiden Jokowi saat Terima Bintang Adipradana

Momen Iriana cium tangan Presiden Joko Widodo saat terima Bintang Adipradana
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meng anugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana kepada istrinya Iriana Jokowi. Penganugerahan tersebut dilakukan di Istana Negara Senin, 14 Agustus 2023 pagi.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 66, 67, 68 dan 69/TK/Tahun 2023 yang ditandatangani Jokowi pada Senin, 7 Agustus lalu.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana pasca penyerahan Bintang Republik Indoneisa

Photo :
  • Sekretariat Kabinet
Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Jokowi menegaskan penganugerahan tanda kehormatan RI dilakukan atas pertimbangan Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan sesuai dengan syarat dan ketentuan khusus.

“Ya itu semuanya (penerima tanda kehormatan) diajukan dan atas pertimbangan dari Dewan Gelar, (Tanda Jasa), dan Tanda Kehormatan,” ujarnya dikutip dari Sekretariat Kabinet, Senin, 14 Agustus 2023.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Selain Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana, dalam acara tersebut Jokowi juga menyerahkan tanda kehormatan lain berupa Bintang Mahaputera Adiprana, Utama, Pratama, Naraya. Kemudian Bintang Jasa Utama, Pratama, Naraya dan Bintang Budaya Parama Dharma.

Momen Iriana cium tangan suami

Pada momen tersebut Jokowi memasangkan tanda kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana ke Iriana dengan cara diselempangkan dari Pundak kanan ke pinggang kiri, sehingga simbol Bintang terletak di pinggang kiri.

Selain itu, Jokowi juga memasangkan patra Bintang Adipradana yang diletakkan di dada sebelah kiri. Iriana terlihat full senyum saat sang suami memberinya tanda kehormatan Republik Indonesia kelas II ini.

Iriana Jokowi Dapat Penganugerahan Tanda Kehormatan RI dari Presiden Joko Widodo

Photo :
  • VIVA/ Ahmad Farhan Faris

Selempang dan Bintang Adipradana pun terpasang rapi di tubuh Iriana yang saat itu mengenakan kebaya kartini panjang berwarna biru gelap. Kemudian, Jokowi menyalami Iriana, pada momen ini Iriana tersenyum dan mencium tangan sang suami.

Selempang berwarna merah dan kuning mencolok yang dikenakan Iriana tampak serasi saat dipadukan dengan kebaya biru gelap dan corak putih.

Untuk bawahannya, Iriana terlihat memakai kain warna biru gelap. Dia juga mengenakan sandal warna hitam dengan hak rendah. Untuk aksesorisnya, ibu tiga anak itu mengenakan anting mutiara dan gelang model bangle warna emas berdetail mutiara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya