Sosok Habib Muhammad bin Husein Alaydrus, Tokoh Ulama Asal Condet yang Tutup Usia

Almarhum Habib Muhammad bin Husein Alaydrus Condet
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Innalillahi wainnailaihi rajiun. Ulama karismatik asal Condet, Jakarta Timur, Habib Muhammad bin Husein Alaydrus meninggal dunia pada Jumat, 25 Agustus 2023 sekitar pukul 11.00 WIB.

Tokoh Agama Papua: Jangan Ikut Ajakan Sesat Aksi Demo 1 Mei, Pihak Tidak Bertanggungjawab

Berita duka tersebut dikabarkan oleh Habib Abdullah bin Ja'far Assegaf dari Majelis Nurul Musthofa. Ia mengenang Habib Muhammad Alaydrus sebagai sosok orang tua sekaligus guru yang menyenangkan dan berilmu.

Habib Muhammad bin Husein Alaydrus (Condet) meninggal dunia

Photo :
  • FB
Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

“Almarhum Habib Muhammad bin Husein Alaydrus adalah sosok yang luar biasa, beliau orang alim, ilmunya luar biasa, beliau juga bisa dibilang orang tua dan guru,” ujar Habib Abdullah kepada VIVA melalui sambungan telepon, Jumat 25 Agustus 2023.

Tidak hanya itu, Abdullah mengatakan, dalam berdakwah Habib Muhammad Alaydrus dikenal dapat membaur dengan berbagai kalangan. Penyampaiannya pun juga mudah dimengerti dan tidak membosankan lantaran disisipi humor.

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

“Baik ke ulama sepuh, para ulama yang masih muda bahkan ketika beliau menyampaikan materi dakwah itu sangat luar biasa, bisa menyampaikan nasehat dengan candaan-candaan, tapi menyentuh ke dalam hati,” kata Abdullah

Dikatakan oleh Abdullah, kendati usia Habib Muhammad tak lagi muda, namun semangatnya untuk berdakwah tidak pernah surut semasa hidupnya. Terkait kabar duka ini, Abdullah mengaku sangat kehilangan.

“Siapa yang tidak sedih dengan wafatnya orang alim, termasuk orang munafik,” kata dia

“Kita bersedih karena ilmu telah dicabut oleh Allah dengan cara mewafatkan para alim ulama, hari ini kita kehilangan sosok seorang ayah, guru, teman dan pendidik. Mudah-mudahan beliau diberi surga dan dikumpulkan bersama Rasulullah SAW,” sambung Abdullah

Almarhum Habib Muhammad bin Husein Alaydrus Condet

Photo :
  • Istimewa

Habib Muhammad bin Husein sebelumnya menderita sakit dan menjalani perawatan di RSUD Pasar Rebo, Jakarta Timur. Sejumlah habaib sempat menjenguk almarhum di rumah sakit, antara lain, Habib Rizieq Shihab, Habib Muhammad Hanif Alatas, Habib Segaf Baharun.

Menurut Informasi, jenazah Habib Muhammad disemayamkan di rumah duka di Jalan Pucung III No.18 RT 12 RW 04, Balekambang, Condet, Jakarta Timur.

Jenazah akan disalatkan di Masjid Al Ikhlas esok hari, Sabtu, 26 Agustus 2023, dan dimakamkan di pemakaman wakaf kawasan Balekambang, Condet, pukul 10 pagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya