Mantu Habib Rizieq Bantah Pernyataan Syekh Assim soal Baca Alfatihah di Awal Majelis

Menantu Habib Rizieq Shihab, Hanif Alatas
Sumber :
  • YouTube

Jakarta – Menantu Habib Rizieq Shihab, Hanif Alatas menepis pernyataan ulama asal Arab Saudi, Syekh Assim Al-Hakeem soal larangan membaca Surat Alfatihah saat memulai majelis taklim.

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Sebagai informasi, Syekh Assim sempat diundang ke Malang, Jawa Timur untuk memberi ceramah. Kemudian, beliau menegur jemaah lantaran membaca Alfatihah ketika hendak memulai kegiatan.

Beliau dalam video yang beredar juga seperti keheranan dan menanyakan kenapa Jemaah membaca Alfatihah sebelum memulai acara pengajian. Menurutnya, tak ada tuntunan dari nabi untuk membaca Ummul Quran itu di luar shalat, seperti saat kajian tersebut.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

“Ada satu syekh lagi viral karena kalau ngajar pake Bahas Inggris dan lucu orangnya. Dia diundang ke Indonesia, ketika MC mulai, orang Indonesia kan udah mengakar dan mendarah daging begitu sebelum mulai acara baca Alfatihah,” ujar Hanif dilihat dari YouTube IBTV, Selasa, 19 September 2023.

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

“Begitu baca Alfatihah itu syekh negor, kata dia, ‘apakah itu pernah dicontohkan oleh nabi? Apakah itu pernah dicontohkan para sahabat? Itu bidah, kalau saya nggak tegor nanti saya dosa.’ Waduh, udah kayak paling bener,” sambungnya

Hanif mengatakan terkait persoalan Alfatihah dibacakan saat awal memulai majelis taklim sudah banyak dijelaskan oleh para ulama. Menurutnya semakin banyak Alfatihah dibaca maka semakin bagus.

“Dalam hadis Riwayat Imam Bukhari, Rasulullah SAW mengatakan tidaklah aku ajarkan kepada kalian surat yang paling agung di dalam Alquran yakni alhamdulillah hirabbil alamin sampai akhir ayat (Alfatihah),” kata dia

Berdasarkan hadis tersebut Hanif berkesimpulan bahwa Alfatihah merupakan surat paling agung yang ada di dalam Alquran sehingga tidak ada larangan membaca surat itu di mana pun, kecuali saat berada di dalam kamar mandi.

“Dalam hadis yang dikutip oleh Imam At Thabari, Rasulullah berbicara tentang surat Alfatihah adalah Ummul Quran atau induknya Alquran, artinya apa? semakin banyak kita baca Alfatihah semakin banyak baca induknya Alquran,” bebernya.

Ulama Sheikh Assim Al-Hakeem

Photo :
  • YouTube Berjihad TV

“Kemudian dalam Hadis Riwayat Imam Al Baihaki, Rasulullah SAW bersabda aku beritahu kamu sebaik-baiknya surat yang ada di dalam Alquran, Surat terbaik adalah Alfatihah, Alfatihah bisa menjadi obat bagi segala penyakit,” lanjutnya.

Hanif mengatakan, berdasarkan hadis di atas, banyak majelis taklim yang ada di Indonesia rutin membaca Alfatihah saat hendak memulai kegiatan. Sebab, selain memiliki banyak kebaikan, Alfatihah juga dapat menyembuhkan orang sakit.

Hanif menegaskan hal ini perlu dia sampaikan karena Syekh Assim menyatakan pandangannya di Indonesia, negara dengan penganut Islam yang kerap membaca Alfatihah dalam setiap kegiatan.

“Kalau dia mau nerapin hal ini di kampungnya mah gak apa apa, masalahnya dia ngomong ini di Indonesia yang dari Sabang sampe Merauke setiap acara baca Alfatihah,” jelasnya.

Hanif beranggapan dalam situasi saat ini masyarakat cenderung meneladani seseorang tergantung seberapa viral sosok tersebut. Padahal kata dia, hal itu tidak sepenuhnya benar.

“Orang sekarang ini kalau milih guru itu yang penting viral, kalo viral biar kate begimane udah asyik aje dah. Tapi kalo nggak viral biar kata soleh, alim tapi kaga didenger. Padahal tolak ukur kalau mau milih guru itu bukan viral, tapi alim,” pungksanya.

Menantu Habib Rizieq Shihab, Habib Hanif Alatas dan massa aksi 411 di Monas

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya