Para Pendeta Gelar Pesta Seks Gay di Gereja Bersejarah, Pekerja Seks Sampai Pingsan

Gereja Basilika St. Mary di Dabrowa Gornicza
Sumber :
  • Google Maps

Polandia – Gereja Katolik di Polandia sedang menyelidiki sebuah skandal besar yang melibatkan para pendeta. Mereka diduga telah menggelar pesta gay di sebuah gereja yang bersejarah. Para pendeta juga dilaporkan menolak untuk berinteraksi dengan staf medis ketika seorang pekerja seks pingsan saat insiden tersebut.

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?

Laman Gazeta Wyborcza pertama kali melaporkan kisah kekacauan dan pesta maksiat tersebut di kota Dabrowa Gornicza di Polandia selatan minggu lalu berdasarkan sumber penegakan hukum setempat. Pesta tersebut diperkirakan berlangsung pada Agustus lalu.

Pesta tersebut dilaporkan dipandu oleh seorang pendeta dari Katedral St. Mary of the Angels, sebuah landmark kota neo-Gotik yang dibangun pada pergantian abad ke-20. Penyelenggara pertemuan tersebut, yang diidentifikasi sebagai "Pendeta Tomasz Z". 

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Gereja Basilika St. Mary di Dabrowa Gornicza

Photo :
  • Google Maps

Dia mengundang sesama pendeta pria dan pelacur ke apartemen resminya di gereja tersebut, RT melaporkan. Pertemuan itu digambarkan sebagai "murni bersifat seksual" dan melibatkan obat-obatan ereksi. Para pendeta juga dilaporkan tidak memberikan akses kepada petugas medis ketika seorang pekerja seks pingsan dalam insiden tersebut.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Akhirnya, situasinya menjadi tidak dapat dikendalikan dan salah satu gigolo kehilangan kesadaran, yang mendorong orang lain memanggil ambulans. Ketika paramedis tiba, perilaku mereka berubah dari skandal menjadi tindakan kriminal. 

Para pendeta tersebut diduga menolak untuk menerima petugas medis darurat ke dalam gereja. Tim penyelamat menelepon polisi karena yakin nyawa pasien akan terancam. Penghalangan bantuan medis dalam situasi ini dapat mengakibatkan hukuman penjara hingga tiga tahun, kata juru bicara kejaksaan kepada Wyborcza.

Menanggapi berita tersebut, Keuskupan Sosnowiec memulai penyelidikan atas keberadaan “pesta maksiat di kepastoran", seperti diberitakan oleh media. Belakangan, para peneliti Gereja mengatakan bahwa temuan mereka "jauh dari informasi yang biasa diberitakan oleh media", dan mereka tidak secara khusus membahas perbedaan tersebut.

Ilustrasi pendeta atau pastor Katolik

Photo :
  • ANTARA/Shutterstock

Surat permintaan maaf dari kantor uskup yang ditulis oleh Grzegorz Kaszak diserahkan kepada jemaah seluruh denominasi gereja di keuskupan pada Minggu 24 September 2023. Kaszak berjanji tidak akan ada kelonggaran terhadap pelanggaran moral.

Sementara itu, pendeta terkemuka yang terlibat mengatakan bahwa dia telah diberhentikan dari semua tugas gereja, dia menolak berkomunikasi dengan media. Di tengah kontroversi, seorang pria membakar api di pintu masuk gereja. 

Petugas pemadam kebakaran segera memadamkan api, dan polisi menangkap seorang tersangka, yang diidentifikasi sebagai warga setempat berusia 38 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya