Viral Video Tanggul Laut Raksasa Jakarta Mulai Bocor, Jakarta Mau Tenggelam?

Tanggul laut raksasa Jakarta bocor
Sumber :
  • Instagram @jerhemynemo

Jakarta – Tanggul laut raksasa Jakarta atau yang disebut juga Giant Sea Wall di Jakarta Utara dikabarkan mengalami kebocoran. Tanggul yang sudah mulai dibangun sejak 2014 dan direncanakan akan selesai pada tahun 2027 mendatang itu kini sudah mulai bocor. Tembok yang membentang di sepanjang pantai itu dibuat sebagai solusi dari pemerintah untuk mencegah Jakarta tenggelam.

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan

Namun, kini air laiutnya bahkan sudah lebih tinggi daripada daratannya. Penampakan tanggul laut raksasa Jakarta bocor tersebut diunggah oleh seorang Konten Kreator bernama akun @jerhemynemo alias Jerhemy Owen di media sosial Instagramnya. 

Tanggul laut raksasa Jakarta

Photo :
  • Instagram @jerhemynemo
Hampir Separuh Kota-kota Besar di Tiongkok Terancam Tenggelam, Ini Penyebabnya

“Tanggul Laut Raksasa Jakarta! atau The Great Sea Wall of Jakarta ???? Tembok di Jakarta yang memisahkan air laut dan daratan supaya gak tenggelam! Terkenal banget sampe ke luar negeri nih tembok nya.... Tapi apa tembok ini bisa jadi solusi untuk isu Jakarta Tenggelam? Hmmm,” tulis akun @jerhemynemo yang dikutip pada Rabu, 27 September 2023. 

Dalam video tersebut, ia memperlihatkan penampakan tanggul laut raksasa Jakarta yang menjadi penghalang air laut ke daratan. Diperlihatkan juga Masjid Wal Adhuna yang sudah terbengkalai karena tenggelam. 

Jubir MK Jamin Putusan Sengketa Pilpres Tak Bocor ke Publik Sebelum Dibacakan

Tanggul laut raksasa Jakarta bocor

Photo :
  • Instagram @jerhemynemo

Setelah itu, sang kreator memperlihatkan bagian sisi bawah tanggul yang bocor. Meskipun hanya sedikit, namun dapat mengkhawatirkan dan bisa berdampak bahaya jika rembesan bocor semakin membesar. 

Sementara itu, semua bangunan di sekitar tanggul sudah digusur dan dipindahkan karena ini berbahaya. Sebelumnya, itu menjadi bangunan pemukiman warga sekitar hingga akhirnya dipindahkan karena berpotensi bahaya. 

“Kalo menurut gua ini tuh cuman solusi sementara guys ada tembok ini pun Jakarta masih bisa tenggelam loh, air laut bakal tetep naik karena pemanasan global terus permukaan tanah Jakarta bakal tetep turun karena eksploitasi air tanah, berdasarkan penurunannya itu bisa sampai 10 20 cm per tahunnya,” kata Jerhemy Owen. 

Komentar Netizen

“Lama lama bisa banget tenggelam beneran.”

“Tanggulnya aku rasa kurang kuat itu, dengan struktur yang seperti itu. @jerhemynemo bahas juga tanggul di Belanda yuk, biar bisa buat pembanding antara tanggul di Jakarta dan Belanda.”

“Astaga seram amat ya bro @jerhemynemo ???? kalau di biarkan tinggal nunggu waktu.”

“Kok gw serem sendiri liatnya ya...tembok "setipis" itu jadi batas laut sama daratan....”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya