Viral, Bapak-bapak Ngamuk Gegara Jemaah Masjid di Surabaya Main Rebana

Viral, Bapak-bapak Ngamuk Gara-gara Jemaah Masjid di Surabaya Main Rebana
Sumber :
  • Instagram

Surabaya – Seorang laki-laki berusia kurang lebih 50 tahun ngamuk, usai mengetahui alat musik rebana dimainkan di dalam Masjid Al Ikhlas Palm Spring Jambangan, Surabaya, Jawa Timur. Peristiwa tersebut viral di media sosial Kamis, 5 Oktober 2023.

Risma Belum Bisa Imbangi Khofifah untuk Pilkada Jawa Timur, Menurut Pengamat

Dilihat melalui unggahan video akun Instagram @undercover.id, bapak-bapak berjenggot itu sedang memarahi Dewan Kemakmuran Masjid (DKM). Dia beranggapan rebana haram untuk dimainkan di dalam rumah ibadah.

Ilustrasi alat musik rebana atau hadrah

Photo :
  • Istimewa
Jawaban Tak Terduga Seorang Anak saat Ditanya Alasan Tak Ingin Punya Adik, Takut Global Warming

“Bapak-bapak tidak mau ada rebana di dalam masjid, dan menganggapnya sbg musik yg baginya haram,” tulis keterangan unggahan.

Setelah mengamuk di halaman masjid, bapak itu kemudian masuk ke dalam. Dia menantang para anggota DKM untuk berdebat menyangkut persoalan dalil atau hukum memainkan rebana di masjid.

Ingin Duet Lagi di Pilkada Jatim, Khofifah Akui Merasa Nyaman dan Produktif bersama Emil

“Nggak ada dalil yang membolehkan memainkan musik di dalam masjid, dalilnya ya munkar. Munkar demi Allah, itu munkar” kata bapak-bapak berjangut itu

Ucapan bapak itu semakin meninggi saat dirinya diminta menerangkan mengenai dalil tersebut secara lebih dalam atau rinci. Misalnya periwayat dalil dan dari mana sumbernya.

Namun bukan menjawab, emosi bapak itu malah semakin meninggi. Padahal saat itu kondisi di dalam masjid terdapat sejumlah jemaah yang sedang melaksanakan salat.

“Terus kalau nggak munkar hujjah (argumentasi) kamu apa? sunanah? wajib?” teriak bapak itu ke seorang anggota DKM

Viral, Bapak-bapak Ngamuk Gara-gara Jemaah Masjid di Surabaya Main Rebana

Photo :
  • Instagram

Lebih lanjut si bapak mengaku memiliki hak menegur dengan dalih seluruh masjid merupakan milik umat Muslim, sekalipun dirinya berstatus sebagai pendatang baru di wilayah tersebut.

“Masjid ini miliknya umat Muslim, nggak saya atau orang Amerika punya hak di sini. Tapi untuk ibadah bukan untuk kemungkaran kayak gini (musik rebana),” kata dia

Anggota DKM menjelaskan bahwa memainkan musik rebana di masjid tersebut merupakan kegiatan remaja masjid yang sudah dilangsungkan lama. Mereka memainkan rebana diiringi selawat dan pembacaan maulid nabi.

“Saya nggak peduli, saya bukan orang asli sini, lucu kamu,” kata si bapak

Belum selesai sampai di situ, di akhir video si bapak disebut sedang memanggil teman-temannya untuk berdebat dengan anggota DKM perihal hukum memainkan rebana di masjid. 

Namun, sejak artikel ini diterbitkan, belum diketahui bagaimana kelanjutan dari video tersebut. Sementara itu, kolom komentar sudah menuai beragam reaksi dari warganet.

Viral, Bapak-bapak Ngamuk Gara-gara Jemaah Masjid di Surabaya Main Rebana

Photo :
  • Instagram

“Adab sblm Ilmu... Ukhuwah lebih penting dibanding perbedaan pandangan. Apalagi pendatang dan bkn jamaah rutin situ,” komentar slah seorang warganet

“Hal yang baik kalo disampaikan dengan cara yang baik tentu akan lebih bisa diterima dengan baik,” tulis warganet

“Tapi bener sih di dalam mesjid itu gak boleh bermusik sama nyanyi,” komentar warganet

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya