Pekerja Gaza di Israel Ngaku Jadi Korban Pelecehan Seksual dan Pemukulan oleh IDF

Pekerja Gaza di Israel
Sumber :
  • CNN International

Israel – Pekerja Palestina yang diusir untuk kembali ke Gaza dari Israel pekan lalu mengatakan bahwa pemerintah Israel telah melakukan penyiksaan. Mereka juga mengaku telah ditelanjangi, dikurung, dipukuli dengan kejam, dan bahkan disetrum dengan menggunakan listrik. 

Rekan Kerja Ungkap Detik-detik Pekerja di Stasiun LRT Kuningan Jatuh saat Bekerja

CNN International berbicara dengan seorang pekerja bernama Abdullah Al Radia dan delapan pria lain yang kembali ke Gaza melalui penyeberangan Kerem Shalom di Israel. Ia diketahui berasal dari Beit Lahiya, sebuah desa yang berada di kawasan Gaza Utara. 

“Mereka menyiksa kami dan memukuli kami dengan tongkat dan tongkat logam. Mereka mempermalukan kami. Mereka membuat kami kelaparan tanpa makanan atau air,” kata Muqbel Abdullah Al Radia, salah satu pekerja, kepada CNN.

Protes Meluas di Universitas Spanyol, Mahasiswa Minta Putus Hubungan dengan Israel

Pemakaman warga korban Palestina yang tewas di Gaza

Photo :
  • Anadolu/Mustafa Hassona

Ia merupakan salah satu dari ribuan warga Palestina dari Gaza yang bekerja di Israel. Sebagian besar pekerja dari Gaza itu bekerja dalam bidang konstruksi dan pertanian. Mereka cenderung menghabiskan waktu berminggu-minggu jauh dari rumah sehingga banyak orang di Israel saat Hamas melancarkan serangan ke Israel pada 7 Oktober 2023 lalu. 

Terima Ancaman, Badan Bantuan PBB untuk Palestina Tutup Kantornya di Yerusalem Timur

Al Radia menyebut bahwa tepat setelah perang, dia dan beberapa pekerja Gaza melarikan diri ke Rahat, sebuah kota yang didominasi suku Badui Arab di Israel selatan, di mana menurutnya mereka diserahkan kepada tentara Israel oleh penduduk setempat. 

“(Militer) mengambil telepon dan uang kami, kami tidak dapat berkomunikasi dengan keluarga kami, kami diberi makanan di lantai dalam kantong plastik,” katanya.

Saat serangan Hamas terhadap Israel pertama kali dilancarkan, media Israel melaporkan kekhawatiran awal bahwa militan Hamas termasuk di antara pekerja yang memiliki izin, meski seorang pejabat keamanan Israel mengatakan bahwa orang-orang itu ditahan karena ilegal. 

Pekerja lain dari Beit Lahiya, Gaza yang bernama Mahmoud Abu Darabeh menggambarkan pemukulan yang dilakukan oleh pasukan Israel. Abu Darabeh mengatakan bahwa dirinya di tahan pada hari kedua setelah perang Hamas dan Israel berlangsung. 

Pekerja Gaza di Israel

Photo :
  • CNN International

“Mereka mengurung kami seperti anjing, dipukuli, dihina, tidak peduli orang sakit atau tidak, ada yang terluka, kakinya busuk karena tidak mendapat perawatan medis. Jika Anda kebetulan mempunyai kerabat yang merupakan petugas polisi Hamas, Anda akan dipukuli,” ungkapnya. 

Seorang pejabat keamanan Israel menyebut bahwa ada Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengetahui beberapa insiden “pelecehan” pekerja Gaza oleh tentara IDF. Empat tentara dikeluarkan dari IDF gegara dugaan pelecehan dan dua tentara lainnya dijebloskan ke penjara militer gegara hal tersebut. 

“Ada kasus penganiayaan terhadap tahanan di luar fasilitas penahanan resmi. Kasus-kasus ini ditangani dengan sangat serius, dan ditangani dengan tindakan disipliner,” kata pejabat tersebut melalui seorang penerjemah. 

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya