Kronologi Wamenkumham Eddy Hiariej Ditetapkan KPK Sebagai Tersangka Gratifikasi

Edward Omar selaku Wakil Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia (Wamenkumham)
Sumber :
  • YouTube Curhat Bang Denny Sumargo

Jakarta - Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata menetapkan Wamenkumham Eddy Hiariej menjadi tersangka dalam kasus dugaan gratifikasi.

Usai Geledah Ruang Kerja, KPK Panggil Lagi Sekjen DPR Indra Iskandar

Sebelumnya, Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Santoso telah ,melaporkan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Eddy Hiariej ke KPK dalam kasus dugaan tindakan korupsi.

Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana
Usut Kasus Pungli Rutan, KPK Panggil Mantan Wakil Ketua DPR

Sugeng Santoso membuat laporan atas Eddy Hiariej pada Selasa 14 Maret 2023 lalu. Selain itu juga, Sugeng menyebutkan bahwa Eddy diduga menerima uang sekitar Rp7 miliar.

Uang gratifikasi yang diterima oleh Eddy Hiariej terkait dengan konsultasi hukum dan permintaan pengesahan status badan hukum. Penerimaan uang dilakukan kisaran pada bulan April sampai Oktober 2022.

Kata Kepala Bea Cukai Purwakarta Dituding Punya Harta Fantastis

"Ini terkait adanya aliran dana sekitar Rp7 miliar yang diterima melalui dua orang yang diakui oleh EOSH tersebut sebagai aspri nya," tutur Sugeng Santoso dilansir berita viva sebelumnya, 10 November 2023.

"Diterima melalui asprinya dalam kaitan dugaan saya adalah jabatan walaupun peristiwa tersebut terkait dengan permintaan bantuan seorang warga negara kepada Wamen EOSH. Saya katakan ada aliran dana Rp7 miliar," lanjutnya.

Wamenkumham Eddy Hiariej di Gedung KPK RI

Photo :
  • Dok. Istimewa

Dalam kasus ini, Eddy Hiariej tidak sendirian. Wakil KPK Alexander Marwata telah menetapkan empat tersangka lainnya. Tiga diantaranya orang yang telah menyuap dan satu orang penerima.

"Itu sudah kami tanda tangani sekitar 2 minggu yang lalu dengan 4 orang tersangka dari pihak penerima 3 pemberi satu," tutur Alexander kepada wartawan, dikutip Jumat, 10 November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya