Viral Kisah Mengharukan Mak Iyah, Lansia 70 Tahun yang Sukarela Bersih-bersih Masjid Tanpa Dibayar

Nenek sukarelawan bersih-bersih masjid
Sumber :
  • Instagram

VIVA Trending – Kisah mengharukan penuh inspirasi datang dari seorang wanita lansia berusia 70 tahun. Bagaimana tidak, di usianya yang sudah terbilang lanjut usia ia rela menjadi seorang tukang bersih-bersih masjid.

Diagnosis Idap Vitiligo, Anjing Hitam Ini Berubah Jadi Warna Putih Pekat

Alih-alih menikmati masa tua dengan indah, wanita berusia 70 tahun disapa Mak Iyah ini justru memberikan banyak pelajaran untuk kita semua. Dilansir dari unggahan video yang pertama kali dibagikan oleh akun Instagram @ncep_billalindra pada 15 November 2023 lalu, memperlihatkan kegiatan seorang Mak Iyah yang sedang sibuk membersihkan sebuah masjid. 

Alih-alih dibayar dengan biaya sesuai kemauannya, wanita berusia 70 tahun ini justru dengan ikhlas alias sukarela ingin membersihkan masjid atas keinginannya sendiri. Mak Iyah dengan tulus membersihkan rumah ibadah umat Islam tersebut di dekat tempat tinggalnya.

Poster Nobar Timnas Indonesia Dipenuhi Foto Pejabat Jadi Sorotan Netizen

Dalam video tersebut, di usianya yang sudah senja ia nampak masih kuat membersihkan berbagai sudut yang ada di sebuah masjid seorang diri.

Penampakan 2 Bayi Harimau Sumatera yang Lahir di Kebun Binatang Amiens Metropole Prancis

“Beliau adalah Mak Iyah, usianya 70 lebih, setiap hari rajin bersih-bersih di masjid,” tulis pengunggah di akun Instagramnya.

Yang mengagumkannya lagi, ia rupanya sangat rajin meluangkan waktunya setiap hari untuk membersihkan masjid tersebut. Menurut sumber, Mak Iyah merupakan seorang nenek yang berasal dari Cikoneng, Ciamis, Jawa Barat.

Sampaikan Wasiat Jika Dirinya Tiada

Pemilik akun Instagram juga menerangkan, bahwa Mak Iyah juga menyampaikan sebuah wasiat yang sangat menyentuh hingga membuat sejumlah warganet di media sosial merasa tertampar.

Di mana jika kelak dirinya sudah tidak ada, maka ada orang yang mau meneruskan kebiasaan mulia Mak Iyah, yaitu membersihkan masjid secaras sukarela seperti yang dirinya lakukan.

“Beliau bercerita mudah-mudahan kalau emak sudah gak ada, ada yang sukarela meneruskan bersih-bersih di sini,” ungkap sang pemilik video sembari menirukan wasiat Mak Iyah dikutip VIVA.co.id.

Lebih lanjut, Mak Iyah juga menyampaikan pesan agar bersih-bersih tempat ibadah dilakukan harus ikhlas dan tidak berharap upah.

“Kata beliau jangan karena tidak diupah, harus ikhlas karena ini rumah Allah tugas kita bersama,” terang Mak Iyah saat diajak berbicara.

Menurut Ncep, Mak Iyah tidak pernah mengeluh meskipun terkadang keadaan masjid yang dirawatnya benar-benar sangat kotor. Namun karena keikhlasannya, Mak Iyah tak merasa berat untuk melakukan pekerjaan yang terbilang tidak mudah dilakukan oleh  kebanyakan orang.

Ilustrasi masjid.

Photo :
  • sacred-destinations.com

Reaksi Warganet

Sontak saja viralnya video kisah Mak Iya nenek di Ciamis yang sukarela menjadi tukang bersih-bersih di masjid itu viral dan menyita perhatian warganet.

"Wajahnya lebih bercahaya, tapi sayang kata Rasulullah nenek² tidak akan masuk surga," tulis warganet.

"Eta dimnaaa nyaaa te di cntumkn alamat na," sahut warganet lain.

"Kalau mau nitip rezeki buat beliau bisa cek bio aku ya, atau mau silaturahmi langsung ke rumahnya bisa saya antar karena dekat rumahnya dengan rumah saya," tandas pengguna lainnya.

"Bidadari Surga yang sesungguhnya," tulis lainnya.

"Wajib umroh & naik haji k tanah suci....." kata lainnya.

"Emak begitu mencintai pekerjaannya dan benar2 ikhlas Lillahi Ta'ala, bisa terlihat dri pakaiannya. Sedang bebersih mesjid di tempat basah tapi tetap menggunakan pakaian dan kerudung yg bagus dan baik," timpal warganet lain.

"Gajinya bukan uang, tapi syurga," kata warganet lain.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya