Host MotoGP Buru-buru Klarifikasi Usai Dihujat Warganet Gegara Sebut Nasi Goreng dari Malaysia

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Jakarta – Media sosial sempat dihebohkan dengan seorang host MotoGP yang menyebut bahwa nasi goreng bukan berasal dari Indonesia, tapi Malaysia. Akibat hal tersebut, host MotoGP tersebut langsung menuai beragam hujatan dari warganet Indonesia. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Dia bahkan sampai mengunci akun Instagram pribadinya gegara serangan tersebut. Serangan tersebut berawal dari ketika host MotoGP yang bernama Fran Wyld mewawancarai salah seorang pembalap yang bernama Fabio Quartararo jelang MotoGP Malaysia 2023. 

Pembalap dari tim Monster Energy Yamaha itu ditanya mengenai makanan favorit selama di Malaysia. Ketika mendapat pertanyaan itu, Quartararo sempat bingung untuk menjawabnya. Karena, pria asal Prancis itu mengaku tidak tahu persis nama makanan di Malaysia. 

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo

Photo :
  • Tangkapan Layar
5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Ia meminta saran nama makanan yang ada di Malaysia kepada host. Tiba-tiba Wyld menyebut nasi goreng, tapi saran tersebut langsung dikoreksi oleh Quartararo bahwa nasi goreng yang dia ketahui berasal dari Indonesia, bukan dari Malaysia. 

"Nasi goreng merupakan makanan klasik dari Malaysia," sahut pewawancara lagi

"Tapi bukankah itu dari Indonesia," tegas Quartararo.

Tak lama, Quartararo menyebut mango sticky rice yang diketahui berasal dari Thailand. Dia melanjutkan, bahwa dari goreng dari Malaysia maka itu adalah makanan favoritnya. Host itu juga meminta maaf kepada Malaysia dan Indonesia soal nasi goreng. 

Namun sayang, warganet Indonesia terlanjur marah dengan klaim yang dilakukan oleh Wyld. Mereka langsung ramai-ramai menyerang akun Instagram milik Wyld. Mereka mengungkapkan amarah atas klaim yang dilakukan oleh Wyld. 

Nasi Goreng Jawa

Photo :
  • Bango.co.id

Perempuan yang menjabat sebagai Manajer Komunikasi MotoGP itu sampai mengunci akun Instagram @fran_corchamps dan menuliskan klarifikasi melalui bios Instagramnya. Ia akhirnya mengakui bahwa nasi goreng berasal dari Indonesia. 

"Saya melakukan kesalahan. Saya tahu nasi goreng berasal dari Indonesia," tulis Wyld, dikutip pada Jumat, 8 Desember 2023. 

Seperti diketahui, nasi goreng merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia. Bahkan pembalap MotoGP seperti Marc Marquez menyukai makanan tersebut apabila dirinya berkunjung ke Indonesia, seperti ketika ikut ajang MotoGp di Lombok. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya