Inilah Kondisi Negara dengan Tingkat Korupsi Terendah di Dunia, Seperti Apa?

(Ilustrasi) Bendera Denmark.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Seorang warga negara Indonesia (WNI) bernama Jerhemy Owen membagikan pengalamannya saat berada di Denmark, negara yang memiliki tingkat korupsi terendah di dunia menurut Corruption Perceptions Index (CPI).

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

“Inilah kondisi negara dengan Tingkat korupsi paling rendah di dunia,” ucap Owen dilihat melalui Instagram @jerhemynemo Kamis, 14 Desember 2023.

Sebagai informasi, menurut CPI 2022 Denmark adalah negara yang paling antikorupsi di dunia dengan skor persepsi 90. Sementara itu, Singapura adalah satu-satunya negara dari Asia yang masuk ke dalam daftar.

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Jerhemy Owen mengatakan semua kebutuhan pendidikan warga Denmark, mulai dari tingkat bawah sampai universitas seluruhnya ditanggung negara. Hal itu diketahui Owen dari cerita warga lokal yang ditemuinya.

Gara-gara Korupsi Beras Miskin, Kantor Desa di Lombok Disegel Warga

“Karena penasaran jadi gua ngobrol sama orang lokal di sana, dan ceritanya dia bikin gua bengong dan kaget. Jadi dia cerita, sebagai warga negara Denmark, pendidikan di sana itu semuanya gratis dari TK, SD, SMP, SMA sampe Universitas juga disediakan gratis,” ungkap Owen.

Bukan cuma pendidikan, pemerintah Denmark juga disebut memberi fasilitas kesehatan untuk warganya secara gratis. “Gak lupa sama fasilitas kesehatan dari dokter, rumah sakit sampai biaya obat pun ditanggung pemerintah,” ucapnya.

Selain itu, Owen juga menilai selama berada di negara tersebut, dia menilai Denmark sebagai negara dengan transportasi umum terbaik yang pernah dilihatnya.

“Ini tuh salah satu negara dengan fasilitas umum paling bagus yang pernah gue lihat. Gue menilai negara maju atau enggaknya itu bukan dari kendaraan mewah warganya, tapi transportasi umumnya,” kata dia

Denmark

Photo :
  • pixabay

Terakhir, Owen menyebut bahwa sebagai negara dengan gaji rata-rata tertinggi di Eropa, para pekerja di Denmark memiliki gaji besar.

“Bayangin aja guys gaji tukang sampah di sini itu kurang lebih Rp900 juta per tahunnya. gimana yang lainnya coba?” kata dia.

“Dan jujur aja guys, selama di Denmark gua nggak pernah liat orang miskin sama sekali. Semua ini bisa terjadi karena nggak ada korupsi. Ya begini lah kira-kira kalau di Indonesia nggak ada korupsi,” pungkasnya.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya