Viral Isi BBM Speed 1 Agar Takaran Sesuai, Begini Respons Pertamina

Viral Isi BBM Speed 1 Agar Takaran Sesuai
Sumber :
  • Tiktok

Jakarta – Unggahan video tentang pengisian bahan bakar minyak (BBM) dengan speed 1 viral di media sosial.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Video tersebut ramai jadi sorotan usai pertama kali diunggah oleh akun TikTok @lusinofayantilubis pada Selasa, 19 Desember 2023 lalu.

SPBU Pertamina, ilustrasi harga BBM

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Dalam video berdurasi 35 detik tersebut, pengunggah mengatakan bahwa penggunaan speed nozzle itu dinilai dapat mencegah pihak SPBU berlaku curang dengan mengurangi takaran bensin yang masuk ke tangki kendaraan.

"Tips ini boleh dicoba ya, sebelum kalian isi selalu bilang sama masnya... 'mas speed satu ya'. Jadi tidak semua pom bensin itu amanah ya guys,” ujar wanita tersebut seperti dilihat Kamis, 28 Desember 2023.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

“Nah, ada dua ciri-ciri sih yang pertama mereka (petugas) sedikit keberatan ketika kita minta speed satu 'oh nggak mbak, kita langsung speed tiga', itu wajib kalian curigai. Yang kedua coba kalian tes 'mas motor saya mogok di sana' dan kalian bawa botol aqua yang satu setengah liter. Ketika dia banyak alasan, itu wajib dicurigai meterannya," sambungnya.

Hingga Kamis malam, video tersebut telah ditonton lebih dari 20,9 juta kali, disukai 1,2 juta dan dipenuhi 1197 komentar warganet. Tidak sedikit yang mempercayai narasi dalam video tersebut.

Lantas, bagaimana respons Pertamina ihwal video itu?

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menegaskan bahwa narasi dalam video tersebut tidak benar alias hoaks. Menurutnya, penggunaan speed 1 tidak berpengaruh pada takarannya.

Ilustrasi SPBU Pertamina, harga BBM turun

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Hal tersebut tidak benar dan masuk kategori hoaks,” ujar Irto kepada wartawan, Kamis, 28 Desember 2023.

Irto menekankan, speed 1, 2 atau 3 yang dikeluarkan nozzle saat mengisi BBM di SPBU sudah sesuai dengan nominal yang dipesan.

“Setiap alat ukur sudah sesuai ketentuan yang berlaku. Ini dilakukan agar penyaluran BBM tepat secara kualitas dan kuantitas,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya