Penampilan Terkini Pemeran Bibi Wong Fei Hung di Film Kungfu Legendaris Once Upon a Time in China

Jet Li dan Rosamund Kwan di film Once Upon a Time in China (1991).
Sumber :
  • iQIYI

VIVA – Once Upon a Time in China merupakan sebuah film aksi kungfu Hongkong pada tahun 1991 yang ditulis dan disutradarai oleh Tsui Hark. Film ini adalah bagian pertama dari serial film Once Upon a Time in China hingga 5 sekuel.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Film ini menjadi hit box office dan ditayangkan selama hampir dua bulan, durasi terlama untuk film mana pun. Film ini sekaligus dianggap sebagai awal mula tren seni bela diri pada awal hingga pertengahan era 1990-an.

Film Once Upon a Time in China dibintangi oleh Jet Li sebagai master seni bela diri Tiongkok dan pahlawan rakyat etnis Kanton, Wong Fei-hung. Dia juga menjalankan klinik pengobatan tradisional Tiongkok miliknya sendiri, Po-chi-lam.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Meski film action, namun film ini juga dibumbui kisah asmara tokoh utama Wong Fei-hung dengan Siu-kwan, putri dari saudara lelaki kakeknya yang diperankan oleh Rosamund Kwan

Meskipun usianya hampir sama dengannya, di dalam film ini Wong tetap harus memanggi Siu-kwan dengan panggilan 'Bibi ke-13', karena dia dianggap lebih "tua" daripada dia.  .

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Mereka mempunyai perasaan cinta satu sama lain namun hubungan mereka tertahan karena hal tersebut dianggap tabu dalam masyarakat Tiongkok pada masanya.

Jet Li dan Rosamund Kwan di film Once Upon a Time in China (1991).

Photo :
  • IMDb

Film ini kian melambungkan nama Jet Li dan Rosamund Kwand di industri film Hongkong. Bagaimana penampilan terkini Rosamund Kwan? Berikut ulasannya:

Profil Rosamund Kwan

Aktris bernama lengkap Rosamund Kwan Chi Lam ini memiliki nama lahir Kwan Kar Wai Dia lahir pada 24 September 1962 di Hong Kong. Tumbuh dewasa, Kwan bersekolah di Maryknoll Convent School di Kowloon Tong.

Peran akting pertama Kwan adalah dalam sinetron ATV Agency 24. Sementara debut filmnya adalah bersama Chow Yun-fat dalam film tahun 1982, The Head Hunter. 

Dia juga tampil bersama Jackie Chan, Sammo Hung dan Yuen Biao di film Twinkle, Twinkle Lucky Stars. Dia kembali beradu peran dengan Jackie Chan di film Armor of God. 

Dia juga main film bareng Jet Li dalam film Swordsman II. Namun, namanya baru berkibar saat tampil bersama di film Once Upon a Time in China pada 1991.

Jet Li dan Rosamund Kwan di film Once Upon a Time in China (1991).

Photo :
  • iQIYI

Dia pun terkenal secara internasional karena perannya dalam berbagai film aksi Hongkong, bersama dengan berbagai bintang utama pria Hongkong dalam genre tersebut.

Di antara perannya yang lebih dramatis, ia terutama tampil bersama Andy Lau di beberapa film termasuk Casino Raiders dan The Wesley's Mysterious File.

Meskipun peran film terakhirnya adalah pada tahun 2005, Kwan secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia akting pada tahun 2007.

Sementara itu, soal kehidupan pribadinya, Kwan pertama kali menikah dengan konsultan keuangan Chris Wong Kwok Sing pada tahun 1981. Namun pernikahannya hanya berlangsung selama sembilan bulan. Mereka berpisah pada tahun 1982. 

Kwan kemudian menikah dengan pengusaha Taiwan Pierre Chen pada tahun 2014 tanpa pengumuman publik, namun mereka bercerai pada tahun 2015.

Rosamund Kwan dan mantan suami

Photo :
  • Xin.Msn

Meski sudah pensiun dari dunia akting, Kwan masih memiliki berbagai kesibukan. Salah satunya, Kwan ikut mendirikan merek kecantikan RK Beauty yang berbasis di Hong Kong bersama sesama aktris Helen Ma.

Kwan kerap membagikan kegiatan dan kesibukannya melalui akun Instagram miliknya, @rosamundkwan. Meski saat ini sudah berusia 61 tahun, pesona kecantikannya masih terpancar.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya