Penampilan Terkini Pemeran Utama Serial TV Populer The Return of the Condor Heroes, Andy Lau

Andy Lau dan Idy Chan di serial populer The Return of the Condor Heroes.
Sumber :
  • Pinterest

VIVA – The Return of the Condor Heroes atau Kembalinya Pendekar Rajawali adalah sebuah serial televisi Kung Fu klasik produksi TVB Hong Kong yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Louis Cha, dan dibintangi oleh Andy Lau dan Idy Chan

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Serial ini ditayangkan pertama kali di saluran TVB Jade sejak tanggal 31 Oktober 1983 sampai 6 Januari 1984 di Hong Kong, dengan penayangan 50 episode. Serial ini juga ditayangkan ulang pada tahun 1988, 1990, 1997, 2013, dan 2018 di saluran TVB Jade.

The Return of the Condor Heroes 1983 pertama kali ditayangkan di Indonesia melalui stasiun televisi Indosiar pada tahun 1995, dengan dubbing ke Bahasa Indonesia, dan mengalami sukses besar. 

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Lagu temanya dinyanyikan oleh penyanyi Yuni Shara, juga mengalami kesuksesan luar biasa. Saat itu, lagu tema ini juga dibuatkan album yang didistribusikan oleh Blackboard. Indosiar kembali menayangkan serial ini pada tahun 1997.

Pada tahun 2005-2006, stasiun televisi Trans7 (saat itu masih bernama TV7) juga menayangkan serial ini akan tetapi serial ini menggunakan dubber yang sama seperti pemegang hak siar sebelumnya di Indosiar.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Pada tahun 2013, stasiun televisi RCTI menayangkan serial ini, juga dengan dubbing ulang. Lagu temanya dinyanyikan ulang oleh penyanyi Citra Scholastika.

Popularitas serial The Return of the Condor Heroes sekaligus melambungkan nama Andy Lau yang mendapat kesempatan untuk membintangi peran film utama pertamanya dalam film drama aksi, On the Wrong Track di tahun yang sama. Dan selanjutnya, karier Andy Lau terus melejit hingga kini.

Bagaimana penampilan Andy Lau saat ini? Berikut ulasannya:

Profil Andy Lau

Aktor bernama lengkap Andrew Lau Tak-wah ini lahir pada 27 September 1961). Dia dikenal sebagai aktor, penyanyi-penulis lagu, dan produser film asal Hong Kong. 

Ia menjadi salah satu aktor film paling sukses secara komersial di Hong Kong sejak pertengahan 1980an, tampil di lebih dari 160 film. Ia juga mempertahankan karier menyanyi yang sukses dan merupakan salah satu artis terlaris di Taiwan. 

Ia dinobatkan sebagai "Harimau Keempat" di antara Lima Jenderal Macan TVB pada tahun 1980-an, sedangkan pada tahun 1990-an, Andy Lau dijuluki oleh media Tiongkok sebagai salah satu dari Empat Raja Surgawi Cantopop.

Andy Lau

Photo :
  • instagram Andy Lau

Hingga April 2000, Andy Lau tercatat sudah memenangkan total 292 penghargaan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ia juga memegang banyak penghargaan akting film, setelah memenangkan Penghargaan Film Hong Kong untuk Aktor Terbaik sebanyak tiga kali dan Penghargaan Kuda Emas untuk Aktor Utama Terbaik dua kali. 

Pada tahun 2005, Andy Lau menerima penghargaan "Aktor Box office No.1 1985–2005" di Hong Kong, menghasilkan total box office sebesar HK$ 1.733.275.816 untuk syuting 108 film dalam 20 tahun terakhir.

Andy Lau

Photo :
  • XinMsn

Majalah Forbes pernah menempatkan Andy Lau sebagai salah satu aktor dengan bayaran tertinggi di dunia. Pada tahun 2018, Andy Lau diundang menjadi anggota Akademi Seni dan Sains Film. Pada tahun 2023, ia dipuji oleh South China Morning Post sebagai 'entertainer paling populer di Hong Kong'.

Andy Lau sendiri memulai debutnya di dunia film pada tahun 1982 sebagai figuran dalam film berjudul Once Upon a Rainbow. Sejumlah film yang dibintanginya juga kerap laris di pasaran, seperti Twinkle, Twinkle Lucky Stars (1985), God of Gamblers (1989), Drunken Master II (1994), Infernal Affairs (2002), hingga Shaolin (2011).

Hingga usianya yang saat ini menginjak 62 tahun, Andy Lau masih aktif di dunia film. Di tahun 2023 lalu saja, Andy Lau tercatat terlibat di lima film. Dari The Wandering Earth 2, Red Line, Moscow Mission, I Did It My Way, dan The Goldfinger.

Andy Lau.

Photo :
  • Instagram.com/andylauox

Di tengah kesibukannya di industri film, Andy Lau cukup aktif bermain di media sosial. Dia bahkan beberapa kali mempromosikan filmnya dan menunjukkan aktifitasnya di akun media sosial Instagram miliknya, @andylauox.

Dalam salah satu unggahan, tampak beberapa kerut sudah terlihat di wajah Andy Lau. Meski demikian, pesona dan karisma aktor kelahiran Tai Po Hongkong tersebut masih terpancar dan memikat para fans.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya