Ibu Hamil Tewas Setelah Melahirkan, Hewan Berlidah Ini Jadi Biang Keroknya

Ilustrasi ibu hamil
Sumber :
  • pixabay

Kamerun Seorang wanita asal Kamerun secara tragis meninggal akibat gigitan ular berbisa tinggi hanya beberapa jam setelah melahirkan anaknya. Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi kasus mengerikan yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

"Kombinasi bisa sistemik dari gigitan ular berbisa karpet dan komplikasi yang diakibatkannya mengakibatkan kematian ibu hamil tersebut," tulis salah satu penulis, Yap Boum, di koran tersebut, seperti dilaporkan oleh Fort Worth Star-Telegram.

Dilansir dari NY Post, Senin 12 Februari 2024, Pasien berusia 25 tahun yang tidak disebutkan namanya, yang saat itu sedang hamil tujuh bulan, melapor ke Rumah Sakit Distrik Poli dengan pendarahan vagina, sakit perut, dan kontraksi yang terputus-putus.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Ilustrasi ular masuk ke dalam tempat rental PS.

Photo :
  • pixabay

Orang tua yang sedang hamil tersebut mengungkapkan bahwa ular berbisa karpet yang sangat berbisa yang dilaporkan membunuh lebih banyak orang daripada spesies lain di Bumi telah menggigit kaki kirinya satu jam sebelum dia tiba.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Hal ini membuat para dokter menyimpulkan bahwa pendarahan vagina yang dialaminya disebabkan oleh gigitan ular, dan mereka juga mendapat petunjuk dari jumlah trombositnya yang rendah serta adanya koagulopati, ketidakmampuan untuk menghasilkan gumpalan darah.

"Mengingat bahwa dia melaporkan bahwa gigitan ular telah terjadi sekitar satu jam sebelum presentasi, envenomation (keracunan oleh bisa) adalah diagnosis yang paling mungkin," tulis Karl Njuwa Fai, seorang dokter di Homegrown Solutions for Health di Kamerun.

Meskipun dokter telah memberikan antivenom pada saat kedatangan, pendarahan dan nyeri panggul pasien meningkat pada hari ketiga di fasilitas tersebut.

Petugas medis menemukan bahwa wanita tersebut telah melahirkan, dan sehari kemudian, ia melahirkan bayi laki-laki seberat 7½ pon.

Sayangnya, momen ajaib itu hanya berlangsung singkat: Karena pendarahan yang terus berlanjut, pasien dipindahkan ke fasilitas lain, di mana dokter mendiagnosisnya menderita gagal ginjal akut.

Dia menyerah pada kondisinya di hari itu meskipun telah menjalani "pengobatan agresif" dengan antivenom dan transfusi darah, tulis Rumah Sakit Distrik Poli Hamdja Moustafa di koran.

Ilustrasi ular (picture-alliance/imagebroker/C. Carbillet)

Photo :
  • dw

Namun, beruntunglah dia melahirkan putranya saat itu, karena kelahiran awal memainkan peran penting dalam kelangsungan hidupnya, tulis Boum.

Meskipun gigitan ular selama kehamilan jarang terjadi, namun sering kali berakibat fatal bagi ibu dan anak. Kasus ini sangat serius karena pelakunya adalah ular berbisa karpet atau ular berbisa sisik gergaji, yang menurut para ilmuwan adalah ular paling mematikan di dunia.

Dan meskipun secara teknis bisa ular ini bukanlah yang paling kuat - perbedaan itu jatuh pada taipan pedalaman - "keagresifan ular berbisa ini berarti ia menggigit lebih awal dan lebih sering," menurut Britannica.

Untungnya, bisa ular berbisa hanya mematikan pada kurang dari 10 persen korban yang tidak diobati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya