Viral Dokter Foto Prewedding di Ruang Operasi, Berujung Hal Menyedihkan

Dokter Lakukan Prewedding di Ruang Operasi
Sumber :
  • Istimewa

INDIA – Kisah seorang dokter yang nekat melakukan sesi foto prewedding di ruang operasi di sebuah rumah sakit pemerintah India menjadi viral di media sosial.

Pengendara yang Siksa Pemotor dengan Geberan Knalpot Yamaha RX-King, Akhirnya Begini

Dampak dari tindakannya ini menyebabkan pemerintah setempat langsung memberhentikan dokter tersebut.

Dilansir dari Times of India, 20 Februari 2024, insiden tersebut terjadi di Bharamasagar, distrik Chitradurga, India. Dokter yang terlibat adalah Abhishek, seorang dokter kontrak yang baru saja bergabung dengan Misi Kesehatan Nasional satu bulan sebelumnya.

Pengakuan Anak Buah Syafrin Tumpangi Mobil Dishub DKI yang Buang Sampah Sembarangan

Dokter Lakukan Prewedding di Ruang Operasi

Photo :
  • Istimewa

Dalam video yang tersebar luas di media sosial, dokter tersebut difoto seolah-olah sedang melakukan operasi pada pasien palsu dengan lengkap menggunakan pakaian operasi. Sementara itu, tunangannya berpura-pura membantunya dengan peralatan bedah.

Kemenkes Ungkap Calon Dokter Spesialis Alami Depresi hingga Mau Bunuh Diri

Beberapa fotografer terlihat tertawa di belakangnya. Kehadiran staf rumah sakit yang tampak mengetahui kejadian tersebut selama sesi foto menimbulkan pertanyaan tentang keterlibatan dan implikasi etika dari tindakan mereka.

Pihak administrasi rumah sakit, yang terkejut dengan video viral tersebut, bergegas mengatasi situasi ini dan memastikan bahwa penyalahgunaan fasilitas umum tidak akan terjadi lagi di masa depan.

Dengan viralnya video tersebut, petugas kesehatan setempat menyatakan bahwa pengambilan gambar dilakukan di ruang penyimpanan yang tidak terpakai dan pemberitahuan telah dikeluarkan kepada administrator rumah sakit.

Namun, Menteri Kesehatan Dinesh Gundu Rao memerintahkan pemecatan dokter tersebut.

“Rumah sakit pemerintah ada untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat dan bukan untuk pekerjaan pribadi. Saya tidak bisa mentoleransi ketidakdisiplinan dokter,” kata Dinesh.

Dokter Lakukan Prewedding di Ruang Operasi

Photo :
  • Istimewa

“Saya telah menginstruksikan para dokter dan staf lainnya untuk berhati-hati agar pelanggaran seperti itu tidak terjadi di rumah sakit pemerintah,” sambungnya.

Menyikapi perdebatan tersebut, Abhishek diberhentikan dari posisinya oleh Menteri Kesehatan. Menteri juga menegaskan kepada semua pegawai kontrak untuk mematuhi peraturan pelayanan pemerintah dengan ketat dan tidak menggunakan fasilitas umum untuk kepentingan pribadi.

Komunitas medis di Karnataka harus menegaskan pentingnya perilaku etis dan penggunaan sumber daya publik dengan benar.

Sesi pemotretan prewedding, yang seharusnya menjadi momen berbahagia yang diabadikan, justru menjadi peringatan tentang konsekuensi dari penyalahgunaan posisi dan kepercayaan yang diberikan kepada para profesional kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya