Profil Hadi Tjahjanto, Eks Panglima TNI yang Diisukan Bakal Jadi Menkopolhukam

Minister Hadi Tjahjanto (Setkab.go.id)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Jakarta – Nama mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, disebut bakal dilantik sebagai Menkopolhukam Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan 2019-2024. Presiden Joko Widodo meminta untuk menunggu hingga pelantikan Selasa besok, 21 Februari 2024.

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

“Besok ditunggu saja jam 10,” kata Presiden Jokowi, di Ancol, Jakarta Utara pada Selasa, 20 Februari 2024.

Namun, Jokowi tidak mau menjawab siapa saja yang akan dilantik untuk mengisi posisi di Menteri Kabinet Indonesia Maju. Beredar isu, Hadi Tjahjanto saat ini masih menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN. Berikut profil Tjahjanto:

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto.

Photo :
  • Kementerian ATR/BPN.

Profil Hadi Tjahjanto

Soroti Sidang Sengketa Pilpres, Refly: Kita Dibohongi 4 Menteri, Seolah-olah Everything Is Ok

Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, seorang pensiunan dari TNI AU, saat ini menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Ia lahir di Malang pada tanggal 8 November 1963, sebagai anak pertama dari lima bersaudara dari Bambang Sudarto dan Nur Sa'adah.

Hadi menikah dengan Nanik Istumawati, dan dari pernikahannya tersebut, ia diberkati dengan dua orang anak bernama Hanica Relingga Dara Ayu dan Lettu Pb Handika Relangga Bima Yogatama.

Hadi menyelesaikan pendidikan dasar di SD pada tahun 1976, dilanjutkan dengan SMP pada tahun 1979, dan SMA pada tahun 1982. Gelar sarjana (S1) berhasil diraihnya pada tahun 1997.

Selanjutnya, ia melanjutkan pendidikan pascasarjana dengan konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia di jurusan Manajemen Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma pada tahun 2017.

Hadi adalah alumni Akademi Angkatan Udara pada tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU pada tahun 1987. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan militer di Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara pada tahun 1995, Sekolah Instruktur Penerbangan pada tahun 1999, College Interarmes De Defence (Sesko Perancis) pada tahun 2001, Sekolah Staf dan Komando TNI pada tahun 2009, serta PPSA Lemhannas pada tahun 2015.

VIVA Militer: Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

Photo :
  • Instagram/@puspentni

Karir militernya dimulai dengan menjadi perwira penerbang di Skadron 04 Land Abdurahman Saleh. Selanjutnya, dia menjabat dalam sejumlah posisi penting seperti Danlanud Smo, Kadispenau, Danlanud Abd, dan Irjen Kemhan RI.

Mulai Januari 2017 hingga 2018, Hadi menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara. Kemudian, antara tahun 2017 dan 2021, dia menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia. Hadi menjadi Panglima TNI kedua yang berasal dari Angkatan Udara setelah Djoko Suyanto

Selama karirnya di militer, Hadi meraih sejumlah penghargaan termasuk Bintang Yudha Dharma Utama, Bintang Dharma, Bintang Kartika Eka Paki Utama, Bintang Jalasena Utama, Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama, Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Swa Buwana Paksa Nararya, SL.

Kesetiaan untuk masa 8, 16, dan 24 tahun, Dharma Nusa, SL. Gom IX Rasaka Dharma (Papua), SL. GOM VII (Aceh), SL. Wira Nusa, SL. Wira Dharma, SL. Wira Siaga, SL. Dwidya Sistha, dan SL. Bhakti Sosial.

Pada Rabu, 15 Juni 2022, Jokowi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN di Istana Negara, Jakarta. Mantan Panglima TNI itu menggantikan Sofyan Djalil.

Sebagai mantan Panglima TNI, dia dianggap Presiden sebagai individu yang teliti dalam melakukan tugas lapangan. Karenanya, ia diyakini memiliki kemampuan untuk menangani persoalan pertanahan dan tata ruang di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya