Viral Seorang TikToker Tidak Sengaja Makan Daging Babi, Bagaimana Hukumnya? Begini Kata Buya Yahya

Ilustrasi daging babi
Sumber :
  • Pixabay/ RitaE

VIVA – Viral, Seorang TikToker muslim membagikan pengalamannya melalui video yang di unggah @sakasyarif, ia berbagi pengalaman memakan daging di sebuah restoran.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Sontak video itu menjadi viral di media sosial, terutama TikTok. Lantaran, dua laki-laki yang ada dalam video tersebut memakan daging babi, sebelumnya mereka tidak mengetahui bahwa makanan yang disantap itu daging babi. Hingga kini videonya telah ditonton sebanyak 19 juta kali.

Banyak netizen yang menanggapi video tersebut dan bertanya-tanya bagaimana hukumnya jika tidak sengaja memakan daging babi.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Buya Yahya

Photo :
  • Instagram @buyayahya_albahjah

“Kalau tidak sengaja seperti ini gimana ya? Apakah sah-sah saja kalau enggak sengaja dan tidak tahu?” komentar netizen @Story_85

Kronologi Penganiayaan Siswa SMPN 55 Barombong dan Penangkapan 4 Pelaku

Sudah jelas hukumnya bahwa makan daging babi bagi muslim adalah haram. larangan ini banyak disebutkan di dalam Al-Qur'an. salah satunya surat Al-Nahl Ayat 115, yang artinya:

"Sesungguhnya allah hanya mengharamkan atasmu bangkai, darah, daging babi dan hewan yang disembelih dengan menyebut nama selain allah, tetapi barang siapa terpaksa memakan bukan karena keinginannya dan tidak pula melampaui batas, maka sungguh allah maha pengampun, maha penyayang."

Lantas, bagaimana hukumnya jika seseorang tidak sengaja memakan daging babi? Buya Yahya menjelaskan mengenai hukum jika Muslim yang tidak sengaja memakan daging babi karena tidak mengetahuinya, itu termasuk kondisi yang dimaafkan karena ketidaktahuan.

“Kalau ada seorang hamba yang takut makan babi karena babi itu haram, tetapi tiba-tiba makan babi tidak disengaja, Allah Maha Pengampun,” ujar Buya Yahya yang merupakan pengasuh lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah.

Orang yang tidak sengaja makan babi itu tidak perlu berusaha mengeluarkan lagi daging yang sudah terlanjur disantap. Apabila muntah secara alami, biarkan saja, tetapi tidak perlu sampai memaksa untuk muntah, bahkan sampai berusaha mengorek perut.

"Karena tidak sengaja dan tidak tahu. Allah Maha Tahu dan Allah Maha Kasih. Semoga Allah menjaga kita dari hal-hal yang diharamkan," ucap Buya Yahya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya