Sosok Jawara Betawi yang Pernah Pukul Mundur Kelompok Hercules dari Tanah Abang

Ketua Umum GRIB Hercules Rosario Marshall mendampingi Prabowo-Gibran di KPU RI
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

Jakarta – Ketua Umum Ormas Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB) Jaya, Rosario de Marshall alias Hercules tengah menjadi sorotan karena dapat tantangan duel dari seorang bernama Muslim Yunus alias Jawara Garut.

Top Trending: Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online karena Bernama Ini, Komika Usir Ibu Menyusui

Sebagai informasi, nama Hercules pertama kali dikenal sebagai preman di Tanah Abang, Jakarta Pusat pada tahun 1980-an. Selain itu, dia juga dikenal lantaran membantu TNI saat Operasi Seroja di Timor Timur.

Sosok Hercules di dunia premanisme sudah sangat dikenal, beberapa kali ia dan kelompoknya sempat terlibat bentrok dengan kelompok preman lain.

Viral di Media Sosial, Dugaan Aksi Teror dan Premanisme di Qubu Resort Kalbar

Akibat hal tersebut, Hercules kerap berurusan dengan hukum hingga keluar masuk jeruji besi.

5 Pesawat Militer Terbaik dengan Baling-Baling

Meski dikenal sangar dan sulit dikalahkan, ternyata Hercules pernah ditaklukkan oleh seorang jawara Betawi yakni, Bang Ucu.

Dilansir dari beberapa sumber Senin, 26 Februari 2024, M. Yusuf Muhi alias Bang Ucu sendiri diketahui menjadi orang yang bisa mendepak mundur Hercules dari kawasan Tanah Abang pada 1996.

Bang Ucu dikenal sebagai jawara silat legenda Betawi yang masyhur di Tanah Abang, dia disebut-sebut kerap mengalahkan lawan dalam jumlah besar.

Bang Ucu adalah salah satu Tokoh Betawi yang disegani dan orang di balik pepatah Betawi 'Lo Jual Gue Beli'

Chato Badra Mandrawata alias Bang Chatu (48) putra sulung Bang Ucu mengatakan dirinya menjadi saksi hidup ketika sang ayah meluluhlantakan kelompok Hercules.

Sosok Bang Ucu dan Hercules

Photo :
  • Istimewa

"Dia sendiri, enggak ada pasukan-pasukan,” ucap Chato kepada wartawan Senin, 16 Juni 2023 lalu.

Menurutnya, sang ayah selalu bergerak kala ada masyarakat yang menyampaikan keresahannya atau membutuhkan pertolongan.

Biasanya, kata dia, Bang Ucu akan turun ke lapangan dengan hanya bermodalkan golok yang digantung di pinggangnya. Namun, tak jarang juga ia hanya menggunakan tangan kosong.

Meski minim persenjataan, Chato menyebut bahwa sang ayah tak pernah kalah telak dari lawannya. Sebaliknya, lawan Ucu yang justru lari pontang-panting.

Hercules dan para anak buahnya adalah salah satu kawanan yang berhasil didepak mundur oleh Bang Ucu lantaran tindakannya yang meresahkan.

Sebab, kata dia, Hercules dan kawanannya merupakan pendatang yang mengklaim menguasai satu daerah di wilayah Bongkaran, Tanah Abang.

Kondisi di Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat, Minggu 2 Mei 2021

Photo :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

"(Bang Ucu) orangnya legowo, siapapun diterima di Tanah Abang. Kalau belum terlalu mengkhawatirkan beliau diam," jelas Bang Chatu

"Tetapi ini lama-kelamaan Hercules, itu anak buahnya sampai meresahkan (pembunuhan, pemalakan) ke warga Tanah Abang. Supaya aman, damai, nyaman, terpaksa akhirnya Hercules diusir pergi," sambungnya.

Perang terjadi cukup panas hingga membuat puluhan anak buah Hercules meregang nyawa. Namun, Bang Ucu sempat menyelamatkan Hercules dari lautan manusia itu hingga keduanya menjadi kawan baik. Bang Ucu meninggal dunia pada Selasa 2 Januari 2024. Dia menghembuskan nafas terakhirnya sekira pukul 16.15 WIB di usia 76 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya