Lebih Dulu Gelar Salat Idul Fitri, Jemaah Aolia di Gunungkidul Bikin Heran Warganet

Jamaah Aolia sholat Idul Fitri hari ini
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Trending – Baru-baru ini media sosial dihebohkan oleh sebuah pemandangan umat Muslim yang sudah lebih dulu menjalankan salat Idul Fitri alias merayakan Lebaran. Alih-alih hanya beda sehari dengan aliran lainnya, jemaah satu ini justru sudah lebih dulu merayakan momen Lebaran. Scroll untuk baca artikel selengkapnya berikut ini.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Jemaah Gunungkidul Sudah Lebaran

Diketahui dari berbagai unggahan video di media sosial, salah satunya dibagikan akun Instagram @mood.jakarta, terpantau puluhan jemaah sudah menggelar salat Idul Fitri pada hari ini Jumat, 5 April 2024 pagi.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Menurut keterangan video, pemandangan ini terjadi di Panggang III, Giriharjo, Kec. Panggang, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam video tersebut, diketahui jemaah ini merupakan jemaah Aolia yang sudah lebih dulu merayakan hari Lebaran pada hari ini.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Mereka terlihat mendatangi masjid-masjid Aolia yang tersebar di sejumlah titik terutama di Kapanewon Panggang. Terlihat berbondong-bondong jemaah dari berbagai kalangan, baik itu pria maupun wanita sejak pukul 06.00 WIB sudah mulai berdatangan dan bersiap-siap memasuki masjid.

Seperti jemaah pada umumnya, mereka juga terlihat berjalan kaki menenteng sajadah dengan menggunakan peci atau kopiah bagi para pria. Ada juga, pesepeda motor dan kendaraan roda 4 lainnya yang ikut berdatangan ke masjid tersebut. Lebaran jemaah Aolia bisa dibilang jauh lebih awal dari tanggal perkiraan yang bahkan belum ditetapkan oleh pemerintah. 

Ditandai Adanya Gema Takbir

Sejak tadi pagi sudah banyak gema takdir berkumandang di sejumlah titik masjid milik para jemaah Aolia yang berlokasi di Gunungkidul. 

Takbir yang menggema dari para jemaah ini sebagai tanda memasuki 1 Syawal atau Perayaan Hari Raya Idul Fitri yang lebih awal jika dibandingkan dengan umat Islam lainnya. Diketahui dari keterangan berbagai sumber bahwa sudah sejak pukul 05.30 WIB, jemaah mulai memadati Masjid Aolia untuk melaksanakan Salat Idul Fitri. 

Sebagai informasi, Lebaran 2024 yang sudah lebih dulu digelar oleh jemaah Aolia yang jatuh pada hari ini berdasarkan adanya perhitungan jemaah yang ditetapkan pengasuh jemaah. Selain itu berdasarkan perjalanan spiritual Raden Ibnu Hajar Sholeh atau akrab dikenal

Reaksi Warganet

Sontak saja momen perayaan hari raya Idul Fitri yang sudah digelar jemaah Aolia di Gunungkidul ini pun sontak menuai beragam reaksi warganet di media sosial.

"Ngebet pengen makan opor," tulis warganet.

zulfikar_520's profile picture
"Beda sehari sii msih bisa ditoleransi lah ini beda," tandas lainnya. 

"Asikk makanan ketupat duluan," kata lainnya.

"pasti puasanya office hour yah ? soalnya lebarannya barengan sama hari terakhir kerja cuti bersama," tulis lainnya.

"Tumben orang BRIN ngk komplen dgn orng gunung kidul yg raya dluan, Coba Muhammdiyah yg dluan," seru lainnya.

"@viancishevi msa udh ada yg lebaran BNR apa kgk," tulis lainnya.

“Biasanya beda sehari ini malah berhari-hari,” tulis lainnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya