VIDEO: Penampakan dari Angkasa Dusun Terisolasi akibat Banjir Bandang

Material lumpur, bebatuan, dan potongan-potongan kayu dampak banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.
Sumber :
  • VIVAnews/Andri Mardiansyah

VIVA – Bencana banjir bandang yang menerjang Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menyebabkan lima dusun atau jorong terisolasi dengan ribuan warganya. Jaringan telekomunikasi dan listrik yang mati total berdampak pada kehidupan sekitar 300 kepala keluarga.

Banjir Bandang di Brasil, Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Atap Rumah dan Apartemen

Setelah menemukan satu jorong porak-poranda akibat air bah itu, pemerintah mendapati empat jorong lainnya yang akses masuknya rusak atau terhalang material banjir bandang. Suplai air bersih pun terhambat.

Memasuki kelima jorong itu tidak mudah karena harus melintasi material-material yang terbawa banjir bandang seperti batu-batu dan gelondongan-gelondongan kayu. Aparat pemerintah pun kesulitan untuk mendistribusikan logistik bantuan seperti makanan dan obat-obatan serta pakaian.

Belasan Rumah dan Fasilitas Publik di Wajo Rusak Berat dampak Banjir Bandang, Menurut BNPB

Solok Selatan diterjang banjir bandang akibat intensitas hujan yang meningkat pada Minggu lalu. Empat kecamatan terdampak, antara lain Kecamatan Sangir, Kecamatan Koto Parok Gadang Diateh, Kecamatan Sungai Pagu, dan Kecamatan Pauh Duo. Badan Penanggulangan Bencana Daerah merilis, sebanyak 1.103 kepala keluarga dengan total 5.932 jiwa terdampak.

Simak penampakan dusun yang terisolasi akibat banjir bandang itu dalam video berikut ini:

BPBD Luwu Sebut 7 Orang Tewas, 2 Hilang, dan Ribuan Rumah Terdampak Banjir
Sejumlah infrastruktur seperti jembatan yang terdampak banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, Kamis 9 Mei 2024. (Istimewa)

Banjir Bandang Terjang Melawi Kalbar, 700 KK dari 17 Desa Terdampak

Sejumlah infrastruktur dI Melawi seperti jembatan mengalami kerusakan. Selain itu, sekolah hingga perkantoran masih terendam banjir.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024